10.6.09

OSCE bukan untuk main2 ternyata.. :)

Heu…, hari yang mengejutkan, unpredictable.., kesel.., sedih.., seneng.., manis asam asin ramai rasanya... ^^ (kayak iklan permen kopiko bukan?? He..., salah ya..??)

Akhirnya memecahkan telur di FK, dengan berakhirnya ujian OSCE perdana saya... :), hasilnya seperti apa?? Hmm.., kita lihat saja... ;)

Berangkat kuliah, ujian tepatnya, seperti biasa menggunakan honda supra hijau, helm full face hijau juga.., dan jaket DKM Al Furqan yg juga hijau...^^ (anak2 07 jgn bosen sya liat pake jaket ini ya.., soalnya mengobati kerinduan pada saudara2 sya yg membiarkan sya di FK sendirian..,he...), menuju kampus perubahan untuk ujian OSCE...

Di perjalanan, (masih ingat jalan di depan STPDN-IKOPIN Jatinangor yg di cerita lain pernah saya ceritakan), yg cukup luas sehingga memungkinkan kita untuk melaju diatas kecepatan rata-rata..^^, nah disana..., ketika saya coba mengikuti kemauan motor saya untuk melaju kencang.., tiba2 mobil sedan yg ada di depan saya (tanpa memberi lampu sen terlebih dahulu...) langsung menepi.., dan alhasil.., sya dan motor saya yg ceritanya rem nya suka bermasalah (iya gk temen2?? Kayaknya anak angkatan sya dah tau semua deh.., tapi untung blum pernah ada yg jadi korban kan?? He..), coba menghindari tabrakan itu...


*untung saya bisa ngehindar.., klo enggak.., bisa kayak gini nasib saya.., he.., gk jadi lulus ujian juga dong.., makasih ya Allah.. :)

Reflex mengemudi saya keluar.., saya pencet klakson motor sya lama bgt..., berisik bgt, coba hindarin pantat mobil sedan itu (alhamdulillah bgt berhasil menghindar..), melaju tepat di sebelahnya, sya liatin yg nyupir mobil nya siapa.. (tadinya sih mau diajarin nyupir yg bener.., he.., kayak bisa aja.. ^^), dan ternyata...

TERNYATA....., ternyata.... (mode: tegang ala sinteron2 : on), tanpa saya sangka.., yg mengemudikan nya adalah dokter Bambang Adji (klo gk salah namanya..) spesialis mata.., dosen saya, sekaligus pengajar bioetik juga...

So.., tanpa banyak ngapa-ngapain lagi..., sya langsung palingkan wajah.., lalu kemudikan motor saya semakin kencang dan semakin menjauhi mobil beliau... (untung saja beliau gk ngeliat.., fuih..., -klo untuk dokter gpp deh.., sya maafin.., ampun dok.., he..), jangan datengin saya ke ruang tutor lalu marahin sya ya.., he.. (kayak kasus yg pernah dialami temen saya ke dokter yg berbeda, -klo ini ceritanya mobil dengan mobil..^^, lebih elegan..)

Dengan mulai melupakan kejadian itu.., akhirnya tiba di kampus dan siap ujian OSCE, menghadapi pasien dengan 15 kasus dari 15 station yg berbeda, dengan bahan ujian total 29 kasus...

Berharap gk ada RESUSITASI BAYI (karena paling gk kebayang..) eh malah tiba2 itu jadi station perdana saya di ujian ini...

Epinephrin saya kenceng bgt di ujian kali ini.., masalahnya bukan karena tegangnya.., tapi karena perlakuan dokter nya yg galak2 dan banyak nanya.., udah mah capek.., tambah capek lah..., jackpot bgt saya dan 14 orang temen yg lain nya yg diuji di ruangan yg sama ini.., diuji sama para dokter spesialis yg mantabh2... !!! (jadi inget kata dokter Kautsar, direktur utama Rumah Sakit Mata Cicendo, kata beliau, anak tingkat awal2 harus diajar nya sama profesor2 yg tingkatan nya tinggi justru.., dan itupun yg menjadi alasan beliau menyambut kami secara khusus ketika extramural ke rumah sakit tersebut dulu, SALUT!!)

Berikut review dari tiap station yg saya jalani, beserta semua kehebohan yg ada didalam nya...

Station 1 : Neonatal Resusitation
Sekali lagi, kasus yg sangat tidak sya harapkan, dan malah jadi yg pertama sya harus hadapi!! (so, jgn berharap sesuatu yg gk pengen klo kita gk pengen itu malah kepaksa kita pengenin..-apa sih !!!-), agak bingung mau ngelakuin apa..., but.., apa salahnya TRY THE BEST !! walaupun akhirnya sering disalahin gara2 salah posisiin si bayi.., salah megang alat buat resusitasi nya.., sampai dokter nya bilang gini “ Kamu gk pernah diajarin ya?? Siapa sih yg ngajarin kamu waktu skill lab??!!” trus sampe bilang gini juga “klo kamu kayak gitu.., keburu mati tuh bayi nya.., ayo cepet !!”, Ampun dok.., materi nya aja saya gk inget.., apalagi dokter yg ngajarin nya..?? ya sudah lah…, akhirnya sya jadi gk bgitu semangat ngerjain sisanya.., tapi dengan sisa2 energi positif yg sya punya…, sya bisa bersih jawab sisa pertanyaan dan prosedur lain nya.., walaupun sempat berdebat harus diberikan oksigen karena cyanosis (kata saya ini..) dan langsung ventilasi tekanan positif karena heart rate nya kurang dari 100.. (ini kata dokternya..), ya sudahlah..
Dipikiran saya.., inilah station pertama yg mungkin sya bakalan remedial.., mana yg ngujinya salah satu ’bos’ nya dokter anak lagi.., nasib2..



* Resusitasi bayi.., kasus yg tak diharapkan...

Station 2: Breast Examination
Pemeriksaan payudara.., gk terlalu signifikan sih.., salah nya sepele..., itu pun gara2 faktor manequin nya aja.., sya lupa klo itu harus dianggap kayak manusia.., so akhirnya waktu pemeriksaan, saya baringkan menghadap saya.., trus dokter nya bilang gini ”klo posisinya kayak gitu.., maka kaki si ibunya kemana?? Kamu pegangin??” waduh lupa saya.., keasikan.., he.., dan untung pas saya tes ini.., kertas kosong belum ada.., alhasil saya cuma nyebutin kelainan2 nya aja tanpa harus sya gambar.., dan akhirnya.., satu hal yg cukup membuat saya bangga, dokter tersebut bilang ”udah bagus kamu..!!” , hmm..., sebuah senyuman pertanda keyakinan station ini bakal lulus.., he..


* Pemeriksaan payudara.., pake manequin tentunya.. ^^

Station 3: Infection Prevention
Gak ada masalah.. :) , lancar2 aja..., dokter imran baik pula.., so..., ini jadi bagian station yg sya yakin saya lulus.., he..


* cuci tangan..., hal yg penting dalam pencegahan infeksi..

Station 4 : BMI & Lingkar Pinggang Pasien Diabetes Melitus
Dokter nya agak banyak nanya.., sempet debat diawal gara2 beda interpretasi soal.., kata dokter nya saya harus sapa pasien dll.., padahal di soal jelas2 tertulis klo semua sudah dilakukan sampai informed consent, tinggal dilakukan pemeriksaan.., tapi sudahlah.., dokter selalu benar.., he.. :), trus disini saya lupa buka pakaian pasien pas ukur lingkar pinggang.., kena lagi deh.., dan terakhir debat masalah interpretasi hasil pengukuran.., padahal sya fikir maksud kita sama dok.. :)


* hitung BMI dan lingkar pinggang pasien..

Station 5 : Anthropometri Anak
Cukup menyenangkan karena anak nya lucu, ukur berat, tinggi, upper segment, lower segment, lancar lah.., cuma kelupaan grafik BMI kebawa padahal gk ada di soal!! Ha..ha.., not a big deal !! :)

* pengukuran tinggi anak.., salah satu hal yg dilakukan...


Station 6 : Diabetic Foot Care
Agak ragu juga sih buat megang2 kaki pasien, pasalnya kita belum cuci tangan, gk pake hand glove pula.., tapi sudahlah.., TOTALITAS !! gk ada masalah berarti sih.., hanya saja sempat dibuat ragu takut salah karena pasien nya kurang respon waktu sya jelasin tg foot wear.., dan pandangan nya hanya melihat ke dokter penguji saja.., dan disini dokter nya cuma nanya “gmana caranya kamu tau itu bengkak??”, dan “klo pasien nya kena flu gmana??”, ya saya jawab aja, untuk pertanyaan pertama “ya diliat aja dok..”, dan untuk pertanyaan kedua “suruh ke dokter.., trus minta juga sekalian dicekin kakinya...”, ha..ha..., masih blum puas atas jawaban saya.., tapi bell keburu berbunyi.., dan mengharuskan saya pindah ke station selanjutnya.. :)


* bersihin kaki pasien diabetes, MENANTANG !! :)

Station 7 : Eye Examination
Disini yang SANGAT MENGEJUTKAN !!! bukan karena kasus atau pasien nya..., tapi karena PENGUJINYA !! bukan karena terkenal killer, bnyak tanya, atau pelit nilai nya.., tapi karena beliau adalah dokter Bambang Adji spesialis mata, yg tadi pagi mobilnya hampir saya tabrak, saya kelaksonin, dan sya liatin.. !! PERTANDA BURUK NIH !! sama kayak SOOCA kemarin.., pertama masuk dah mecahin kaca lemari.., dan akhirnya nilai nya gitu lah.., dan sekarang pun.., kejadian ini membuat kondisi yg sama !! Pertama kali sama seperti kasus BMI yg tadi.., kita beda interpretasi soal.., sya kira langsung dilakukan tes, tapi kata beliau saya hrus sapa pasien dulu dan tanya keluhan nya (dan akhirnya di station2 berikutnya.., saya selalu sapa pasien dan informed consent dulu apapun itu soalnya..^^) Kesalahan kedua.., sya mulai pemeriksaan dari mata kiri (karena pasien nya merasa ada keluhan nya di mata itu..), padahal harusnya dari mata kanan dulu katanya.., trus visual aquity mata kanan pasien 20/80..., sya gk gunain tes pinhole pula setelahnya..., lalu habislah saya ditanyain tentang cara nutup mata pasien yg bener.., interpretasi hasil 20/80 tuh apa.., cara nyampaikan ke pasien nya gimana.., dan management nya apa....., HABIS LAH SAYA DI STATION INI !! (tuh kan.., kejadian tadi pagi memang pertanda buruk..!!) Sangat yakinlah sya station ini bakal di REMED!!!


* snellen chart dan cara ukur visual aquity..

Station 8 : History Taking Phsycotic Disorder
Hapal mati saya sama kasus ini…, justru karena saking hapal nya.., saya tau yg harus ditanyain banyak bgt !!! so..,sengaja untuk identitas pasien gk saya tanya semua biar waktunya keburu.., dan alhasil…, dokter nya bilang nilai saya 77 (itu berarti gk A dan sama dengan harus diremed bukan..??) , karena identitas pasien nya kurang katanya.., jadi nyesel…,padahal sya hapal itu.., dan pas mau dibenerin.., bell keburu bunyi.., dokter nya cuma bilang.. “yah semoga aja nanti bisa jadi lulus ya..”, TRAGIS !!


* gangguan mental mungkin.. :)

Station 9 : Reflex
Cek biceps reflex, triceps reflex, sama Hoffman Tromner reflex…, untuk yg bicep dan tricep.., walaupun pasien nya gk ngerespon, mungkin sya nya salah ketuk.., tapi untung sya cerdas.., karena tangan pasien sya pegang.., ya saya gerakin aja tangan nya seolah2 bereaksi.., dan nampaknya berhasil.., ha..ha…, ada pertanyaan sih tentang ini dikit.., tapi yg cukup lama jadi perbincangan adalah Hoffman Tromner reflex.., tapi nampaknya dokter puas dengan jawaban saya.. :), kelupaan klo harus dilakuin di kedua sisi.., tapi untung masih bisa diperbaiki.., he…



* bicep & tricep reflex.., salah dua yg diujikan.. ^^

Station 10 : Primitif Reflex
Yg diujikan Plantar, Moro, dan asimetric tonic neck reaction…, gk ada masalah berarti selain sya kurang nyebutin salah satu reaksi dari asimetric tonic neck reaction, yaitu kurang nyebutin klo kaki yg searah leher itu juga ekstensi.., tapi sudahlah.., untung dokter fitriana baik.., he..


* Asimetric tonic neck reaction & Moro reaction.., dua primitif reflex yg juga diujikan...


Station 11 : Tes keseimbangan
Finger to nose test.., sya lakukan pada satu tangan pasien aja.., dan respon nya normal..(jadi semakin lupa klo harus dilakukan di kedua tangan.., padahal pas tangan satunya lagi, respon nya gk normal..), tandem gait reflex lancar dilakukan.., dan pas Romberg tes sya kelupaan klo test nya harus sambil buka dan tuup mata…, dan di station ini diserang dengan pertanyaan yg cukup merepotkan yg mengharuskan akhirnya saya menjawab lesi pada pasien ini di cerebellum nya, secara ipsilateral, dan ada gangguan pada jaras penglihatan juga.., melelahkan lah.., tapi untungnya bisa diakhiri.. :), pas ngerjain kasus ini.., jadi inget si amei.., he… (kamu kondisi nyata kasus ini mei..,he..)



* coba tes keseimbangan nya kayak gini.., mantabh kali pasti.., ha..ha....

Station 12 : Basic Life Support
Ini materi yg paling saya kuasai.., he..., secara dah pernah dapet dari MER-C, bag Anastesi RSHS, sama PMI juga.., tapi tetep aja klo lagi ujian mah grogi.., akan perfect tadi jika tidak disertai bunyi ‘crack’ yg menandakan patah tulang iga waktu saya kompresi dadanya, sebanyak 3 kali pula.., untunglah dokter nya sangat baik.. :)



* Basic Life Support.., walau melelahkan.., tapi sangat menyenangkan.. :)

Station 13 : Ballard Score
Cukup dimudahkan dengan tidak perlunya melakukan tes phisycal maturity, hanya dilakukan neuromuscular maturity saja…, ditanya score nya aja.., dan hitung gestational age nya berapa.., memang cukup butuh ATP untuk mengingat score tadi.., tapi better lah.., dan cukup menyesakkan hati ketika ruang sebelah diberikan kertas point2 nya oleh dokter pengujianya.., sabar2…, yg penting station ini lulus.., he..



* Mengukur gestational age bayi..

Station 14 : Berat badan & lingkar kepala bayi
Kembali berhadapan dengan dokter anak…, sangat2 teliti dokter nya.., sampe2 sya buka selimut bayi dikit aja dimarahin.., he.. ^^, sempet debatin dikit waktu kalibrasi timbangan.., dan akhirnya pengukuran pertama salah.., trus saya lupa nulis hasilnya di lembar kerja lagi.., belum waktu ngukur lingkar kepala pun yg pertama salah.., diomelin lagi !! untung aja plotting ke lubchenko chart nya bener dan berhasil menjawab pertanyaan2 terkait grafik tersebut.., HABIS diomeli dan ditanya saya disini.., dan waku di station ini sgt lama pisan.., sampe akhirnya, gara2 kelamaan disini.., sampai bell kedua saya masih ada dsana.., padahal saya harus dah masuk dan jelasin kasus di station berikutnya…, sabar2…


* nguku berat badan dan lingkar kepala bayi..

Station 15 : Gynecological Exam
Kelamaan di station 14.., gk sempet baca soal.., langsung tanya ke amei kasus nya apa.., kata dia venerological exam, makanya langsung lah sya masuk dan jelasin tentang venerological exam…, mulai dari inspeksi & palpasi inguinal, inspeksi pubis, labia mayor & minor, uretra & periuretral, milking, tanpa dibersihkan pake antiseptic terlebih dahulu.., masukin speculum.., pas mau ngmbil bahan buat specimen gonorrhea.., sya sadar, klo slide nya gk ada.., dan pas sya tanya ke dokternya.., beliau bilang gini “kamu baca soal gk??Cuma dibersihin aja discharge nya gk usah diambil specimen..” , akhirnya saya lanjutin masih dengan pola venerological exam, hanya saja gk ada pengambilan specimen…
Baru sadar ketika dah keluar station.., disitu diulis gynecological exam…, sementara yg saya dan amei lakukan adalah venerological exam.., 2 hal serupa tapi tak sama…, karena ada beberapa langkah yg sama.., dan ada pula yg beda…, tapi yg sy heran dokternya cuma diem aja dan internetan.. ^^, yasudahlah.., apapun yg terjadi saya siap remed untuk station ini.., he…



* pemeriksaan organ reproduksi wanita...

SERIUS !! walupun cukup menegangkan & capek bgt.., dan diomelin pula.., tapi OSCE jadi ujian yg paling menarik buat saya.., kedokteran bgt soalnya.., masuk dari station satu ke station yg lain.., ngerjain kasus & nanganin pasien satu ke yg lain.., MENYEGARKAN !! apalagi diuji langsung sama sang ahli.., para dokter spesialis yg dengan ketelitian mereka membuat kesalahan yg kita lakukan kita inget sampe jadi dokter seperti mereka kelak.. ^^

Bersyukur saya dpt dokter spesialis dan galak juga…, karena emang itu feel nya.. (walau emang agak nge-BTin juga sih klo semuanya galak.., he..), ASIK bgt hari ini.., walupun agak ngerasa kecewa juga kurang optimal.., takut gk lulus..

Sya jadi mengerti sekarang knapa proporsi nilai OSCE seperti itu.. :)
dan sya juga sadar klo OSCE lebih dari sekadar main2.., tau cara saja tidak cukup.., butuh ilmu yg mendasari nya juga.. ^^

Hilangin stress belajar terus.., apalagi abis banyak diomelin dokter.., akhirnya ke BEC, beli pulsa IM2.., beli CD Game sakaligus melepas rindu dan shalat Ashar dengan masjid Salman dan teman2 yg ada disana…

Di perjalanan pulang…, sya dpet SMS dari si Amei.., katanya gini..
” Dan, alhamdulillah kita lulus, Gak percaya?? Saya aja gk percaya !!! ”
Baca SMS itu..., sya gk abis pikir.., gk nyangka, kaget, bersyukur abis-abisan, dan campur-campur lah…, padahal sebelum nya.., kondisi nya kayak yg sya sebutin tadi di setiap station nya..

Ternyata dibalik kegalakan dan wajah menyeramkan dari para dokter tadi.., itu semata-mata supaya kita nya bisa maksimal..., love you dok.., he..

15 orang kurang lebih dari 90 orang yg lulus semua station tanpa remedial hari ini..
Dan kurang lebih 50 orang yg lulus semua station di angkatan saya.., sementara 250 sisanya remedial station yg mereka gagal... (setidaknya lebih baik dari taun kmarin lah..)

smangat.smangat.smangat.smangat.smangat.smangat.smangat.smangat.



* .danfer.amei.adit.
gak sia2 kita banyak habiskan waktu bersama untuk menaklukan OSCE, dan akhirnya kita semua berhasil !! 15 pasien dari 29 kasus yg ada berhasil kita selamatkan.. :)


* LANJUTKAN dok !!! Perjalanan mu masih panjang...


* Lulus bukan karena dokter nya baik, apalagi karena saya nya yg terlalu pintar, itu semua semata-mata karena Allah terlalu baik sama saya..

Allah buat dunia tersenyum hari ini.. :)

Buat yg masih remed.., doa saya menyertai kalian.., dan yg lebih penting, ingatlah bahwa Allah selalu bersama kalian.., semangat hadapi semuanya !!

_saatnya menginstall ulang otak saya untuk membersihkan virus2 yg mengganggu..^^_

Taun Ketiga, i'm coming !!!
(bersama keluarga besar 2007 tentunya..^^)

Komentar :

ada 7 comments ke “OSCE bukan untuk main2 ternyata.. :)”
shakiena said...
pada hari 

ada resusitasi ada BLS? weeew??

shakiena said...
pada hari 

oiya..
"Lulus bukan karena dokter nya baik, apalagi karena saya nya yg terlalu pintar, itu semua semata-mata karena Allah terlalu baik sama saya.."

eta pisan, dan!
saya aja masih ga percaya cuma ga lulus resusitasi.. hahahaha

danfer.. said...
pada hari 

BLS mah gampang shake.., resusitasi bayi yang ketemenehe.., he..., padahal kedua nya sama2 resusitasi...

Bagus ya quotes nya??
mau berlangganan??
ketik dani spasi quotes kirim ke 081802296XXX..
Anda akan mendapatkan nya dari hp saya langsung.. :)

Sukses ya remed nya.. :)

karafuruworld said...
pada hari 

Beuh...

Boleh, lah... Mengobati kerinduan saudara2 kau dari DKM AF itu.. Tapi... Siapa yang ngebiarin kamu dateng sendirian?

Ga ada, lho!

Lagian gara kita tuker jurusan plus tuker kampus, sih... ^_^

danfer.. said...
pada hari 

buktinya cuma sya sendirian di FK raf?? kemana yg lain nya?? he..he...

iya nih.., Allah memang mudah sekali mengubah semuanya ya..

ha..ha..

Anonymous said...
pada hari 

aslm dan,,,haha,,,,alhamdulillah kn osce nya,,,,unforgetable and unexpected boo,,,^
wong dah ngomel2 kita gara2 dokternya galak luar biasa,,,,

emg selalu ada kekuatan di nelakang kita yg maha besar!,,,,allahua'lam,,

danfer.. said...
pada hari 

itulah Allah mei..

jika dengan mudah Dia memberikan kita ujian..
dengan mudah juga Dia berikan jalan keluar-Nya.. :)

pokoknya..., semua indah pada akhirnya kan??

he.. ^^

mau add??

Dani Ferdian's Facebook profile

Daftar pengikut

Search This Blog

 

© 2009 Fresh Template. Powered by Blogger.

Fresh Template by NdyTeeN