15.2.10

Sedikit pengorbanan yang berbuah sekarung besar pemberian.. ^^'

Sedang Balai Pengobatan di Ciwidey saat itu, bekerjasama dengan Satoe Indonesia, sebuah lembaga sosial SBM ITB..

Seperti biasa selain jaga meja di tempat BP, kerap kali saya bertugas sebagai calon dokter 'panggilan'..

menerima permintaan para warga untuk mendapatkan jasa khusus, service plus plus, dengan kami yang langsung mendatangi rumah para warga tersebut, memberikan servis prima bung, heu... ^^'

ya, menjadi calon dokter panggilan untuk para warga yang tak mampu untuk datang langsung ke tempat balai pengobatan, karena keterbatasan fisik, atau mental mungkin.. ^^'

setelah sebelumnya, saya dan rekan saya mengunjungi rumah seorang warga yang menderita kanker kulit ganas - yang telah bermetastasis hingga ke paru dan abdomen -, saya kembali diminta oleh salah seorang warga untuk kembali mengunjungi rumah salah seorang pasien (warga)..

sang suami yang pada saat itu memperjuangkan agar kami mendatangi istrinya, karena berdasarkan pemaparan nya, sang istri sudah 2 minguu tidak bisa tidur, lemes, pusing, sakit perut, mual dan muntah, sehingga tidak dapat beranjak dari tempat pembaringan nya setelah sang istri tercinta meminum obat anti kaki gajah yang sedang heboh diberikan pemerintah saat itu, kata beliau... * oh.., so sweet sekali sang bapak, yang sangat menyayangi istrinya ini.. T_T

sambil menunjuk ke salah satu tempat, sang bapak berkata seperti ini, " caket da cep, bumi na di palih ditu, mapah sakedik! - sambil menunjuk ke suatu daerah - "
* translate: deket kok nak, rumah nya disana, jalan sedikit..

akhirnya, karena merasa iba, disertai keyakinan kami bahwa sang ibu sakit cukup parah, disertai jarak yang dekat, kami memantapkan hati untuk bergegas ke rumah bapak tersebut.. (sebagai inpo nih, kami hanya menerima panggilan untuk kasus2 berat saja, seperti stroke, lumpuh, pingsan, dll, dan kasus si ibu tadi kami anggap cukup berat pada saat itu.. ^^')

akhirnya perjalanan dimulai, langkah demi langkah, tahapan demi tahapan, rumput, bebatuan, tanah, jalan bersemen, akar pohon, dsb coba kami lalui.. (sambil nyetel efek lagu petualangan..^^')

mendaki gunung lewati lembah (bener2 mendaki gunung boy.. :P), sawah, kandang sapi, gonggongan anjing, menjadi suasana yang menemani kami saat itu...

keringat mulai menetes, dan mulai meragukan kata dekat yang dibilang si bapak.. ^^', terus berjalan, menit berganti.., belum juga nyampe rumahnya.., * kapan nyampe nya sih.., sementara kami semakin menjauhi dataran rendah (terus menaiki dataran tinggi tempat tinggal mereka..)


* diambil dengan kamera HP Nokia E52 saya.., gambar pemandangan ditengah perjalanan, bayangkan, letak tempat balai pengobatan nya di derah bawah banget dari gambar ini, dan ini pun baru setengah perjalanan.. ^^'

alhasil, dekat = jauh menurut kami.. (atau ini karena efek anak kedokteran yg jarang olahraga gitu?? hmmm..^^'), bukan hitungan ratusan meter jarak dari rumah bapak dan tempat balai pengobatan nya, harusnya hitungan kilo.., ratusan meter mah itu tinggi dataran tempat tinggal si bapak dengan tempat balai pengobatan kami.., heu... ^^'

dengan hati dan pikiran yang menebak-nebak kondisi sang ibu -yang kami anggap parah tadi-, tak disangka dan tak diduga, pintu rumah dibuka, dan si ibu menyambut kami dengan senyum ramah, salam hangat, dan beliau pun hampir menyuguhi kami dengan berbagai hidangan desa yang ada di rumahnya, berjalan dari dapur menuju ruang tamu...

*.........................*
terbayang mungkin jika teman2 menjadi kami, apa yang dirasa saat itu.. T_T
kaget, haru, bingung,aneh, merasa mimpi, pengen nangis, dan.... * ya itulah, silahkan isi masing2...

tapi sudahlah, lupakan, dengan semangat membara, tekad baja, dan hati nurani yang iba, kami pun ikhlas, melayani dengan hati.. :D, mencoba melupakan semua yang terjadi, dan kembali memberikan servis prima.. ^^ (walau si ibu, dan jarak tempuh tempat tinggal nya gk masuk kriteria kerja si dokter panggilan ini.., he.. :P)

mencoba berfikir positif, saking sayang nya sama istrinya, bapak tadi bener2 gk tega mungkin melihat istrinya yang dalam keadaan sakit untuk berjalan sejauh itu untuk berobat ke balai pengobatan gratis...
* semoga saya juga bisa se- sayang itu sama istri saya kelak, lebih malah.. ^^'

tapi apapun itu, lelah kami kembali terbayar dengan suasana petualangan perjalanan menuju rumah mereka, medan nya yang asyik, dan ditambah dengan doa, ucapan terima kasih, dan bulir kesenangan yang memancar.., nampaknya usaha kami tak sebanding melihat itu semua.. T_T

belum selesai sampai disana, sesaat sebelum kami angkat kaki, sang bapak memberikan hadiah BESAR buat kami, beliau memberi kami 2 buah NANGKA BESAR (benar2 besar cuy!) hasil panen kebun nya, ditambah sekitar 6 buah kol dan beberapa brokoli dsertai hasil panen lain nya..., total SATU KARUNG BESAR hasil panen dihadiahkan buat kami..
* benar2 tak sebanding usaha dan keluh kesah kami.., jadi malu pisan sangat banget...

jadi pengen nangis ngeliatnya.. (selain karena terharu, karena ngebayangin juga gimana bawa barang sebesar, sebanyak dan seberat itu, menyadari badan yang kecil, tenaga yang jarang dilatih di fitness-an, ditambah medan jalan turunan curam, bisa2 collapse tengah jalan dan saya jadi pasien balai pengobatan nya juga.., heu... ^^')

dan tak disangka..., ternyata semua itu dipanggul si bapak, beliau mau mengantarkan hadiah itu sampai ke mobil.., hwwwaaa.... * hero...
walau sangat terlihat wajah letih, sakit, tapi sering ditutupi senyum merekah, seolah tak kenapa-napa..
mau bantu pun.., saya mau bantu apa..., heu..heu.. T_T

akhirnya kami pun turun gunung, kembali melewati sawah, kandang sapi, dan gonggongan anjing...


* kandang sapi yang kami lewati, disertai senyum manis sang empunya, ketika melihat kami yang tergantung dilehernya stetoskop layaknya dokter profesional.. :P

dan semua nya usai.., ketika kembali ke daratan, menuju tempat balai pengobatan, dengan keringat kami yang menetes, dan keringat si bapak yang mengucur *tapi masih bisa tersenyum lebar dan mengucapkan terima kasih...
luar biasa Allah berikan kami pelajaran berharga saat itu..

masih ingat dulu cerita tentang dokter PTT di daerah yang dibayar pake ikan, pake singkong..
dan saya, yang notabene nya masih calon dokter, dibayar dengan sekarung besar hasil kebun, nangka, kol, brokoli, dan sayuran lain nya..

semoga bapak sekeluarga tetap sehat dan dilindungi Allah.. :)
* maafkan hamba yang masih sering berkeluh kesah ya Allah...



* tim besar yang bertugas saat itu... :D


http://seoranganakmanusia.blogspot.com/

8.2.10

gara-gara kepala dan ekor stetoskop.. ^^'

kala itu sedang gerakan tanggap bencana untuk korban banjir di daerah rancaekek wetan..
tentu saja, sebagai mahasiswa kedokteran ceritanya.. * agak keren dikit kan.., he..^^, kami berkontribusi dengan menyelenggarakan pengobatan gratis disana..

berlaga seperti yang sudah menjadi dokter beneran.. * karena terlalu cupu untuk skala seorang dokter dengan tampang dan pengetahuan seperti ini.., heu.. ^^', saya dan teman2 pun dengan gaya yang dibuat se-meyakinkan mungkin berusaha untuk meng-handle pasien.., mulai dari anamnesis, diagnosis, sampai ngasih resep..

meja saat itu cukup berantakan.. * sangat berantakan tepatnya..
stetoskop hampir ada sekitar 3 biji di meja, dalam kondisi tidak rapih..
ada 2 spigmomanometer yang juga tidak kalah berantakan nya..

dengan kondisi seperti itu, tibalah kembali giliran saya untuk melayani pasien dengan senyum manis dan sedikit pengetahuan cemerlang yang mungkin * berharap * saya miliki...

dengan keluhan utama nya pusing dan cukup merasa berat di bagian leher, terbesit di otak saya bahwa sang ibu suspect hipertensi..

oleh karena itu, dengan sigapnya saya menawarkan sang ibu untuk diperiksa tekanan darahnya. setelah mendapat informed consent, langsung saya pasang spigmomanometer di lengan sang ibu, lalu mengenakan stestoskop hitam dengan merk spirit layaknya seorang dokter...

dengan stetoskop yang sudah tertempel di telinga, maka diafragma stetoskop pun saya letakan 2 jari diatas cubiti fossa sang ibu untuk mendengarkan tekanan sistole dan diastole sambil menurunkan tekanan spigmomanometer tersebut..

alhasil.., sebuah anomaly saya temukan.., tidak terdengar sama sekali bunyi yang diharapkan.., heu.. ^^'
saya pikir saya salah mengenakan stetoskop nya di telinga, setelah dicek, ternyata masang nya bener kok! akhirnya, percobaan kedua dilakukan, dan hasilnya...., sama saja.., heu.. * dah mulai panik..

akhirnya, saya coba cek lagi stetoskop nya.., kini saya cek, apakah stetoskop nya untuk posisi bell, atau diafragma.., ternyata.., bener kok dalam posisi diafragma..., hmm.. *mulai bingung..

akhirnya percobaan ketiga dilakukan.., dan hasilnya...
SAMA SAJA! tidak terdengar apa2.. * semakin panik, dan akhirnya hampir mengasumsikan bahwa stetoskop nya rusak..
kasian si ibu nya.., kayaknya kesakitan.., tapi dengan kemampuan komunikasi yang baik *sombong* untunglah si ibu masih merasa ini normal dan sesuai prosedur.., he..

akhirnya si diafragma itu saya ketuk2 pake jari.., dan ternyata..
memang tidak terdengar apa2...
hampir saja memvonis stetoskop saya benar2 rusak...
tapi ternyata..................
...............................
...............................

diafragma yang saya pakai adalah dari stetoskop yang lain...
yang warna dan merk nya sama...
ternyata kepala dan ekor nya gk sama..., errrr...
di telinga saya yang dipake adalah stetoskop saya.., sementara untuk diafragma yang diarahkan untuk mendengar bunyi sistole dan diastole, itu dari diafragma stetoskop lain...
PANTAS SAJA!! * pengen garuk2 kepala dan teriak kencang pada saat itu.., tapi gengsi sama si ibu..
beginilah nasib kalo meja berantakan..., jadinya saling ketuker.., heu..

akhirnya dengan gaya yang kembali dibuat sangat meyakinkan..
dengan tenang saya bilang ke si ibu nya.., " coba bu, diperiksa tangan yang satu nya lagi..."

setelah yakin kepala dan ekor stetoskop yang saya gunakan benar, berasal dari stetoskop yang sama.., akhirnya sekali percobaan, dengan mudahnya saya bisa mendengar bunyi sistole dan diastole nya..
* bukan nya dari tadi..., heu.. ^^'

belajar dari pengalaman.., lain kali meja harus rapih, pakaian harus bersih, dan penampilan harus tetap meyakinkan..
karena kecerobohan membuat seseorang merasa bodoh..
heu... ^^'

masih geli sampai sekarang klo inget hal ini...
untung si ibunya pulang dengan senyum tulus, dan anggukan hangat.. :D


* salah satu suasana peng-handle-an pasien pada saat itu.. :P


Forum angkatan..



gambar yang didapat ketika menunggu rapat PKM di kolam deket saung A2.., sebelum akhirnya anak2 maenan kaki seribu alias kelabang.. * freak pisan...
ternyata kodok2 ini pun melakukan forum angkatan nampaknya.. ^^'
(jangan2 ini sengaja peliharaan fakultas, buar irit dana untuk praktikum lab.., he..)
tapi kadang suka kasian juga karena sering digangguin, dicemari dengan memasukkan orang2 yang berulang taun kedalam kolam ini.., heu.. ^^'
* kasian kodoknya... ^^'

http://seoranganakmanusia.blogspot.com/

4.2.10

kasian Asy syifaa' kami.. T_T



Lagi-lagi berbicara tentang hujan...
akumulasi dari guyuran hujan tiada henti di kampus saya, sudah menunjukan hasilnya..
langit-langit tempat wudhu ikhwan di masjid Asy syifaa' jebol...
cukup sedih ngeliatnya... T_T
semoga fakultas cepet perbaikin hal ini..
kasian Asy syifaa' nya...
biar bisa semakin khidmat juga ibadahnya... :)


http://seoranganakmanusia.blogspot.com/

Payung dan selasar ruang tutorial..



Hujan deras yang mengguyur Jatinangor tiada henti, seketika mengubah suasana selasar ruang tutorial menjadi lautan payung.. ^^
Untung saja jalanan tidak terhalang dan masih bisa pergi ke kantin buat istirahat.., he.. ^^'


http://seoranganakmanusia.blogspot.com/

2.2.10

extramural: sebuah talkshow terkait HIV...

Cukup terhenyak dan tertegun kaku ketika melihat bangunan auditorium gedung eyckman pada saat itu.. (padahal mah biasa aja.., he..^^), pasalnya, bangunan yang dibangun milyaran rupiah dari hasil uang sumbangan, uang bangunan, (terutama dari temen2 yang SMUP) ini sudah menunjukan hasilnya...


* auditorium eyckman...

Sebuah auditorium ini, hasilnya sudah bisa dinikmati untuk kegiatan extramural kami..
(kurang nikmat juga sih sebernarnya, soalnya AC nya mati.., belum bisa dinyalain.., panas beud..)

Extramural kita kali ini mengenai HIV/AIDS, bentuk talkshow dengan menghadirkan moderator, psikiater, dan 2 orang penderita...


* para pengisi acara...

Lumayan seru lah.., apalagi diawali dengan mulai nya terpercik api perdebatan, berupa kritik dari sang psikiater (dr.T), kepada moderator (bang Y), terkait masalah etika... (padahal ujung2 nya si psikiater juga sama melanggar etik.., heu..^^)

Semakin seru perdebatan terjadi di akhir, lagi2 antara moderator dan sang psikiater itu, terkait hak asasi manusia, heu..., malah jadi pengen saya yang ngemoderatori dan membawa perdebatan layaknya acara debat di TVONE.., he..he.. :P

Cukup aktif lah peserta extramural kali ini, banyak pisan pertanyaan, rebutan mic, indonesia dan malaysia saling berkompetisi untuk melontarkan pertanyaan terbaik nya.., he.. ^^


* suasana pada saat itu..

Pertanyaan seputar diskriminasi, VCT, asuransi, kebijakan pemerintah, pengalaman, sampai sosialisasi kondom ramai di perbincangkan disana..


* jika kita berbuat baik, insya Allah akan dijauhkan dari penyakit seperti itu.. :)
http://seoranganakmanusia.blogspot.com/

27.1.10

Membersihkan kuda perang...

akhirnya...
setelah sekian lama, hampir hitungan beberapa bulan..
akhirnya motor saya dimandikan heu.. ^^'

setelah sebelumnya sering dimarahin ortu gara2 gk pernah dicuci tuh motor..
setelah sebelumnya sempat disindir * sering malah* sama temen2 akhwat maupun ikhwan, dari Indonesia sampai Malay, dengan keluhan yang sama " motor nya gk pernah dicuci dan?? ", heu.. T_T
(mana sempet nyuci, sibuk sih.. -menyibukkan diri sih tepatnya.., he.. :P -, mana tiap hari ujan lagi, jadi buat apa dicuci kan klo kotor lagi?? ^^)

akhirnya.., waktu yang dinantikan banyak orang tiba..., gara2 kuliah siang dan saya sempet bangun pagi.., akhirnya motor saya berhasil dicuci...
dengan merogoh kocek 8000 saja, motor kembali bersih hampir seperti baru... ;)


* akhirnya ada yang mau nyuciin juga..., -terharu-

tapi sayang beribu sayang, sayang banget lah pokoknya, dihari saya nyuci motor, di hari itu pula hujan sangat deras menghantam perjalanan saya ke bandung...
dan alhasil...
motor saya kembali ke keadaan semula..., hiks..hiks... T_T
nasib2...
disyukuri saja...


* ternyata salju itu gk cuma di eropa boy, ditempat cuci motor juga ada.., he..he.. :)


* semoga kuda perang saya kembali bersih, kembali pulih.. :)
http://seoranganakmanusia.blogspot.com/

Sebuah produk belajar CRP..

selain membahas studi kasus tentang penyakit endemik yang diderita para jemaah haji karena serangan clostridum perfringens yang diakibatkan oleh daging yang terkontaminasi yang mereka makan, salah satu anggota kelompok kami menghasilkan sebuah karya monumental yang tak ada hubungan nya dengan studi kasus dan mata kuliah yang sedang kami pelajari..

bahkan tak ada hubungan nya dengan bidang kedokteran (palingan ada hub nya sama mahasiswa kedokteran.., he..^^), yakni sebuah karya seni rupa yang kami beri nama itu adalah gambar (*gubrak), gambar sketsa wajah karikatur masing2 anggota kelompok D2 pada saat itu..

sebuah produk made in shakie bum kini terbit di gedung A52 ruangan 2.., he..he...


* berikut adalah hasil karya iseng2 berhadiah nya.. :)


* dan kini resmi terpasang di dinding ruang tutor kelompok kami.., mungkin akan menambah semangat kami belajar di esok hari, juga menyurutkan semangat belajar kelompok tutor lain yang belajar di tempat kami karena terganggu nya dengan gambar tersebut, semoga gak di D.O. dekan gara2 tindakan ini.., he..he.. :P

* kreatifitas yang memacu pertumbuhan...
http://seoranganakmanusia.blogspot.com/

26.1.10

Blood clotting time and bleeding time.. (kayak judul karya tulis ilmiah lagi kan.., apalagi sekarang pake bahasa inggris, gaya.., he.. ^^)

cukup seru menyerukan, asyik mengasyikan lab activity kali itu..., setelah yang biasa hanya diskusi, bahas soal, presentasi, liat mikroskop (sambil gk tau juga apa yg diliat..^^) dan harus menggambar, kali ini cukup asyik lah dengan main tusuk-tusukan (bukan bunuh-bunuhan ya.., he..), karena lab kali ini bermain dengan darah (karena kita sedang belajar hematoimunology system) jelas lah harus ada tusuk-tusukan, dengan jarum tentunya..., he..

walaupun memang diawali dengan bahas soal..(tetep..^^) tentang pembekuan darah.., dan menjadi tumbal teman2 sekelompok yang MT (membunuh teman, bukan makan teman lagi..., he..) yang menjadikan saya untuk kesekian kali nya mempresentasikan jawaban hasil kelompok kami.. (walaupun saya gk tau apa2 dan modal nekat.., heu..), jadi lebih tepatnya mempermalukan diri sendiri di depan umum.. ^^'

tapi itu semua lumayan terbayar dengan permainan selanjutnya di lab, tentang Blood clotting time and bleeding time.., waktu pembekuan darah, dan waktu perdarahan...

mengetest waktu perdarahan, dengan menusukan jarum di telinga..(seru kan, kayak uji nyali..^^), kayak ditindik kurang lebihnya, lalu kita hitung waktu lamanya perdarahan yang menetes pada telinga orang tersebut sampai berhenti...
dari 5 orang pria jantan tak ada yang berani untuk dieksekusi ini, akhirnya tampilah seorang pahlawan, sebut saja ucun, bukan nama sesungguhnya, wanita hebat yang berani berkorban untuk kepintaran kelompoknya... (meneteskan air mata terharu..-lebay-)
sebagai eksekutor, sang penusuk telinga, saya agak ragu dan sedikit kasihan terhadap si korban, tapi nampaknya, 2 tusukan telak yang dihadirkan pada telinga dan tetesan darah yang mengalir pada telinga nya tak berarti buat dia, pasalnya, di telinga nya sendiri udah ada masing-masing 3 tindikan tiap telinga, jadi total tindikan nya ada 6..., METAL !!!!
* wajarlah klo akhirnya gk kerasa.., he...
dan alhasil waktu perdarahan dia masih normal.., walau cukup bnyak darah yg keluar dibanding kelompok lain...

percobaan lain ialah menghitung waktu pembekuan darah, dengan menusuk jari tengah korban yang lain nya, dan meneteskan 2 tetes darah pada kaca slide yang disediakan, mengikuti prosedur yang ada lalu dihitung waktu nya...
(sudah tau mengapa klo selain jempol dan kelingking yang infeksi, hal paling parah yang diamputasi adalah cukup jari tangan nya saja, sementara untuk jempol dan kelingking harus diamputasi pergelangan tangan nya..?? klo belum, silahkan dicari kawan.., he... :P)

cukup menghibur hari yang mendung buat saya pada saat itu...
mana abis itu ketawa dan teriak2 lagi di ruangan lab.., dasar kelompok AUTIS!!
tapi like this kelompok.., he..he..:P


* sang eksekutor, korban, dan timer..


* Pengorbanan terkadang memang diperlukan untuk kebermanfaatan yang lebih luas...

http://seoranganakmanusia.blogspot.com/

24.1.10

Antara D2 dan batik kesayangan...

Janjian bareng kelompok tutor D2 untuk mengenakan batik di hari itu..
katanya sih juga untuk menginisiasi sebelum disahkan nya hari budaya di angkatan..
juga sebagai bentuk kecintaan akan bangsa dan negara.., he..he.. (lebay.. :P)

hampir, atau bahkan semua anggota kelompok saya mentaati aturan itu..
karena, gak pake = teh botol (untuk satu kelompok tutor..^^')...
sadis memang kelompok ini.., matre ! tapi seru.., he..he..
batik yang tak hanya memiliki nilai sejarah, budaya, tapi romantisme akhirnya saya kenakan juga untuk berkuliah pada saat itu...
(sampai ditanyain ibu saya, disangka mau kondangan kemana.., he..)

berikut gambar2 indah yang sempat terekam kamera saat itu.. :)




* dengan self timer 2X10 detik, kamera poket jadul punya saya, kodak easy share, masih dengan gaya rapih dan elegan...

Mari kita bandingkan dengan kamera modern jaman kini, hasil jepretan self timer Canon SLR nya naufal...






*semakin kesini semakin ancur.. (gaya nya ya, bukan muka nya, soalnya mukanya dah ancur duluan.., he..^^), semakin rusuh, efek stimulus simultan jepretan tiada henti kamera itu.. *korban kamera*
(kodak easy share dan canon slr, selain beda kualitas gambar, juga beda gaya selagi fotonya, lebih hidup, semakin metal.., he... :P)


* Untuk sebuah kebersamaan...
http://seoranganakmanusia.blogspot.com/

Blood smear dan Menghitung Hb dengan Metode Sahli.. (judulnya berat ya.., kayak karya tulis.., he...^^)

Skill lab hari itu tampak berbeda, setelah biasanya berhubungan dengan manusia, pasien, atau metode lain terkait pemeriksaan, hari ini bermain dengan spseimen, darah, belajar menjadi seorang patologi klinik.., he.. ^^'


* suasana skill lab saat itu...

Membuat apus darah tepi, atau blood smear (bahasa keren nya..), cukup membuat greget, berkali-kali saya coba ini soalnya.., he.. (memang bego sih.. ^^'), pertama gagal karena kurang gentle men-slide nya, kedua gagal karena masih ada gelembung air di slide nya, ketiga gagal karena ada lemak atau butiran tepung dari sarung tangan yang saya pake, keempat gagal karena saya memecahkan slide nya dan cukup membuat heboh ruangan..., he..he..., barulah ketika percobaan kesekian, akhirnya berhasil juga.., walau bentuknya agak abal2..., he..he..., yang lain dah mulai diguyur giemsa, saya masih mengeringkan slide apus darahnya..., untung nya saya gk sendirian, banyak juga yg belum selesai..., ahahaha... :p


* hasil apus darah tepi saya.., walau abal2.., tapi dengan penuh perjuangan.., heu...

Selanjutnya menghitung jumlah Hb dengan cara konvensional, dengan metode sahli, yang ini mudah sih..., cuma caranya aja ribet.. (loh..??), ribet bersihin alat (terutama tabung, susah ngeringin nya..., heu...), ribet pasang dan aplikasiin suntikan tube dan pipet, ribet beresin nya..., tapi overall bisa lah... ^^' (sombong...)

seperti biasa, usai skill lab dijadikan ajang foto2.., apalagi memanfaatkan moment pas sekelompok tutor pake batik semua.., pas asik lagi ngatur2 orang buat pose, tiba2 keingetan klo ternyata tabung kecil kelompok kita belum lengkap...

car..cari..cari...
gk nemu = gk ada = dianggap ilang = gk jadi foto = bayar 30 ribu
heu..heu.... T_T


* beberapa gambar yg sempat terdokumentasikan pada foto session saat itu.. :P
(iya gitu mirip dokter.... *sensored*)


* kembali menyadari dan menguatkan, bahwa kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.. :)

http://seoranganakmanusia.blogspot.com/

21.1.10

Lari pagi (lagi)...

dah sangat amat lama kayaknya saya gk lari keliling Unpad..
setelah dulu pas jaman SD-SMP, bersama teman-teman kompleks, setiap hari minggu sekalian berkeliling PAUN (pasar Unpad pada saat itu, yang kini menjadi pasar Unwim), memulai lari dari jalan sayang, diakhiri di kompleks kampus Unpad, dilanjut puter2 PAUN sambil cuci mata, kadang disertai maen bola, dll... (pokoknya jadi bagian masa kecil yang cukup menyerukan lah.. ^^)


* menyambut sinar mentari yang menyeringai di langit pagi.., subhanallah ya.. :)

kemudian hampir setahun yang lalu pas dah jadi mahsiswa, dalam lari pagi barengan anak2 angkatan, keliling Unpad...

juga hampir setahun kemarin lari-lari keliling Unpad sore hari ketika pendas Tim Medis Asy Syifaa' di tengah hujan (walau gk lulus juga TMA nya.., padahal cuma gk masuk pendas 7 hari dan gk ikut ujian praktek.., ck..ck..ck.., he..)..


* lari di Unpad suasana nya gk jauh beda sama gambar ini.., serius boy.. ^^

dan kini kembali diinisiasi oleh anak2 direktorat olahraga angkatan..., walau blm serempak, walau banyak kendala, walau banyak yang kesianagan, walau capek, walau akhirnya banyak jalan pas lari, walau akhirnya ada yg naek motor pas lari (hebat kan??), walau saya gk tau lagi mau ngomong apa, walau pun apapaun itu, tak ada walau yang membantahkan bahwa kalian yang menginisiasi itu adalah orang terbaik di kelas nya..., he... (ngomong apaan sih..^^)

pokokna mah nuhun pisan nya barudak..., LANJUTKAN !! :D
karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat...

coba aja bayangin, nanti jadi dokter yang pinter, ganteng, sehat, atletis, macho, keren, berotot, shaleh, dan yang baik2 lain nya..., he... :P





* sebuah apresiasi untuk kalian yang bertahan sampai akhir..
(bukan kayak abis lari pagi.., malah kayak yang mau piknik.., he.. ^^)


* Bersyukur Allah memberikan tempat kuliah yang sangat indah untuk melakukan aktifitas seperti ini, memang ini yang terbaik... :)

http://seoranganakmanusia.blogspot.com/

18.1.10

Maen kartu di tempat lab?? siapa takut?? :)

ada yang suka maen kartu??
di fakultas kedokteran tempat saya kuli-ah anda mungkin akan kembali bermain permainan seperti itu, bahkan dilegalkan dalam sebuah bentuk kegiatan laboratory activity..., he..he.., gaya kan?? bahkan si dosen nya juga ikutan maen dan ngajarin kita.., heu...

gapleh?? poker?? bridge?? yugi-oh?? remi?? empat satuan?? cangkulan?? hmm..., apalagi ya yang kita kebayang pas didengarkan kata kartu?? hmmm... (pura-pura mikir...), apa yang sering anda mainkan?? ^^


* jenis kartu apakah ini?? ^^

melihat gambar diatas, apakah itu gapleh?? poker?? atau.....................
ya.., itu adalah kartu REMI !!! (yang ditempeli kertas berisi mata kuliah, atau kuis lebih tepatnya, tentang mata kuliah kedokteran..., heu... ^^')

berisi pertanyaan2 terkait hematoimunology system, seperti iron defisiensi anemia, hemolytic anemia, aplastic anemia, ALL, AML, CML, dsb, dll. Mencocokkan kasus, dengan clinical features, CBC count, blood smear dan bone marrow smear nya..., hmmm..., sangat mengasyikan bukan?? he...he.., 'bukan permainan kartu biasa', durasi permainan kurang lebih 2 jam, dimainkan oleh kurang lebih 10 orang... ^^, ada yang mau mencoba?? he.. :)

buat yang suka maen kartu, silahkan masuk kedokteran, dan temukan tantangan baru permainan disana... :)


* lebih kerenan maen kartu kan dibanding kayak gini?? he..
(ini foto asli tanpa rekaan pas lab act kelompok saya loh.., keren kan fakultas saya.. ^^)


* disela-sela lab anatomy... :D


belajar dari laboratorium kehidupan, tak kalah bermanfaat, bahkan bisa lebih baik dari laboratorium kedokteran.

12.1.10

ngelatih bocah berenang...







Kayak yang dah jago renang aja..., he..he.. :P
(dengan mengajarkan sesuatu kita akan semakin pandai dalam hal yang kita ajarkan bukan??)
MARI KITA TUMBUHKAN SEMANGAT MEMBERI, untuk menumbuhkan.. :)


http://seoranganakmanusia.blogspot.com/

ternyata sakit.., heu...

Sakit pisan euy!! sungguh.., ternyata kaki kelindes ban mobil itu sakit ya... ( ya iyalah.., dasar dudul..), tapi ini mah sakit nya pisan.., gak bohong.., heu.., padahal cuma 1/4 lebar ban mobil yang menggilas kaki saya dengan sadis nya...


* coba kalo mobil ban nya kayak gini.., pasti gk sakit klo kelindes, yang ada penyakit kulit di kaki nya palingan nular.., heu...

gara2 angkot s*al*n..., ngejar setoran, supirnya gk ngeliat kanan kiri, atas bawah, dimata nya cuma UUD (ujung2 nya duit..) dah akhirnya menjadikan keganasan dan semangat 45 nya mencari nafkah dan penghasilan lebih mengorbankan dan membuat kaki kanan saya menderita.., untung gak fraktur tulang tarsal, metatarsal, kalkaneus, dsb.., yang ada mah sedikit fraktura hepatica sama si tukang angkotnya heu..


* yang diliat jangan gedung satenya atau tukang minuman yang ada di pojok kiri bawah, yang diliat angkot nya, model gini yg melahap kaki saya.., heu...

dasar angkot cicaheum ledeng kijang berwarna hijau hitam.. (nyalahin angkotnya.., he..), perempatan jalan supratman menjadi saksi bisu atas semua kejadian ini.. (lebay.., padahal mah biasa aja..^^), sebenernya pas kejadian ini pengen teriak kesakitan, nangis malahan, mengumpat, ngajak berantem, dll.., cuma gengsi nih..., apalagi bonceng anak orang.., trus lalu lintas nya lagi rame lagi.., jadi belaga so cool aja..., padahal mah kesakitan..., heu...


* jalan supratman yang teduh dan dingin diguyur gerimis hujan jadi ngedadak panas saat itu.., he..he..

jadi punya kesimpulan klo ternyata, kaki terlindas ban mobil itu sakit..., hmmm...


* jadi inget motor perdana saya, honda supra 2003 110 cc tanpa rem yang pernah lawan kawasaki ninja 250 cc.. :)

semoga gak ngerasain sakit nya neraka.., gini aja dah sakit... ^^


http://seoranganakmanusia.blogspot.com/

5.1.10

baru tau ya?? ^^'

bersama teman-teman.anak-anak.keluarga.calon rekan sejawat.pengabdi masyarakat.

baru tahu klo ada anak FK yang baru pertama kali mesen makan di kantin FK, bahkan cara mesen nya pun gk tau, dan makanan apa aja nya pun gak tau, dari kantin masih jelek kayak dulu, sampe sekarang dah ada 'home made' dan lumayan agak bagus, sampe meja kantin di ganti sama meja yang gedenya mirip meja ruang tutor, hampir 3 tahun kuliah disana padahal, cukup menggelikan.., he..he.., dan itu adalah temen saya.. ^^

baru tahu klo ada anak FK yang gak pernah ke taman mini, nonton di keong mas, bahkan tempat nya, makanan disana apa aja, siapa yang punya, nama cleaning servisnya siapa, sodara laki-laki dari adik ipar perempuan kakek penjaga karcis *mulai gk jelas* nya gk tau, hampir 20 tahun lebih beberapa bulan hidup di Indonesia padahal, cukup menggelikan.., he..he.., dan itu adalah saya.. ^^


* taman mini dari satelit, keren juga ternyata ya.. ^^


* keong mas, yang layar nya jauh lebih besar dari bioskop.., -katanya-, he..he..



* "seneng2 yang tidak melupakan akhirat, gak kayak dufan", petik teman saya.., ntar anak saya pas kecilnya bawa kesini ah biar gk diejekin.., he..he... :P

cukup menghadirkan gelak tawa dan juga ejekan kejadian hari ini... ^^'
tapi apapun itu, kita tetap senang karena kita teman.keluarga.calon rekan sejawat.pengabdi masyarakat.


*kita teman.keluarga.calon rekan sejawat.pengabdi masyarakat.


* mengenang teman baksosnas dari FK UNIBRAW yang datang ke kampus saya hari ini.., -fotonya maksudnya, bukan ceritanya, pelaku ceritanya mah ada di foto yg atasnya.., he..-


'kita' teman.keluarga.calon rekan sejawat.pengabdi masyarakat.


http://seoranganakmanusia.blogspot.com/

mau add??

Dani Ferdian's Facebook profile

Daftar pengikut

Search This Blog

 

© 2009 Fresh Template. Powered by Blogger.

Fresh Template by NdyTeeN