26.6.09

Menyuluh Al Biruni.. :)

Al Biruni, merupakan matematikawan Persia , astronom, fisikawan, sarjana, penulis ensiklopedia, filsuf, pengembara, sejarawan, ahli farmasi dan guru, yang banyak menyumbang kepada bidang matematika, filsafat, obat-obatan................ (bersambung..)

Bersambung?? Knapa bisa?? Ya bisa lah !! teserah saya..., lagian sya gk akan ngebahas tentang beliau.., hanya mau membahas nama SD dan SMP yg menggunakan nama beliau senagai nama sekolahan nya..., he..he...

Knapa harus SD & SMP Al Biruni?? Karena baru saja kami selesai memberikan penyuluhan kesehatan di sekolah tersebut...

Berawal dari sebuah SMS dari ketua senat sya, yang mengabarkan bahwa ada tawaran penyuluhan tnggal 25 dari sekolah tersebut.., cukup membuat freeze beberapa saat (krena saya terima SMS itu tgl 20an..) berarti tinggal beberapa hari lagi.., dan kebanyakan dari anak2 PKM dah pada balik ke habitat nya masing2.. (pulang kampung-red), so, krisis SDM kah??

Bermodal dengan nge-SMS semua ’abdi masyarakat’ FK, akhirnya sy buat janji untuk Net Meet PKM tanggal 22 nya.., dengan agenda saat itu ngebahas progress report action plan masing2..., dan mau memasukan wacana penyuluhan itu di Net Meet tersebut.., alhasil.., Net Meet yg dihadiri 7 orang ini (sisanya pada gk bisa krena lagi di perjalanan, daerahnya gk ada internet.., bla..bla..bla.., dsb..^^), ketika sya masukin agenda penyuluhan ini diawal.., malah jadinya Net Meet ini full ngebahas penyuluhan.. (tapi gpp.., karena menghasilkan sesuatu..^^), so, apakah kami terima tawaran itu menurut kalian?? Dengan jangka waktu kurang dari 3 hari.., dan SDM yg bersedia turun hanya 4 orang pada saat itu.., untuk ratusan peserta, dan kita belum persiapin apa2 pada saat itu??

Nice try !!! Yap, akhirnya sya putusin kita terima tawaran itu.. (apalagi melihat semangat dari 2 orang anak manusia, saif & canun bwt melaksanakan program ini..^^), tak kan sampai ada umat yg tak terlayani kebutuhan nya selama masih ada hati yang tak mati ini.., tak kan kami biarkan persembahan ini berhenti sampai disini.., biarlah Dia menjadi alasan semua ini.. :)

Senin Net Meet, dipilih saif jadi koor. project, selasa dah mulai kumpul, saya gk bisa ikut cz harus ke beberapa institusi pemerintahan buat bantu2 LKMM nas.., rabu langsung survey ke TKP naek motor (inspirasi untuk konsep acara baru didapat pas naek motor waktu ke kampus.., he..) dan ternyata sekolahan nya bagus.., program2 sekolahnya pun bgus, bahkan ketika sy kesana.., beberapa bocah yg tingginya 1 meter lagi maenin lagu ”Bunda” pake biola.., GREAT!!, (gara2 sekolah swasta mungkin ya..^^), pas pulang, ngehindar nabrak mobil, eh malah ngebentur bahu jalan akhirnya..., nasib2..^^, rabu malem bikin slide materi, juklak, dan mulai gerilya di febuk untuk nyari orang yg mau ikut.., finally..., Kamis 25 Juni 2009, kita pasukan ’abdi masyarakat’ FK Unpad, siap memberikan persembahan dari hati yg tak mati nya.., dalam kesempatan ini menjawab keterbutuhan tentang gizi seimbang dan pencegahan flu..., untuk beberapa ratus peserta (yg terdiri dari anak SD kelas 1-6 dan 1 SMP ini...) di Al Biruni, Jl. Terusan Panyileukan No. 11 Soekarno-Hatta, dari jam 9-11 ini..., 10 orang yg turun dlm kesempatan kali ini.., saya (seorang anak manusia biasa.., he..) , saif (yg saya tunjuk sebagai koor project), canun (yg paling bersemangat dlm nyampein materi), haikal (anak asli Malaysia yg mencoba peraduan di Indonesia), rian (yang langsung terbang pagi nya dari Lampung..), rima (akhwat yg dtg paling pagi..), iie (yg confirm telat ke saya.., padahal sy juga telat..^^), friska & indah (2 orang anak 08 yg sering ikutan kegiatan PKM..), dan anind (yg datang nyusul dan harus berurusan dengan dr.Chevy jam 1 nya..^^)

Acara ngaret dari jadwal yg telah dijanjikan sebelumnya..(maaf ya bu guru.., soalnya harus nunggu yg dari bandung dulu..), so.., gk ada pembukaan bareng2 dulu.. (lagian tempatnya emang gak memungkinkan sih.., cz baru dibangun gedung SMP tuh..), langsung dibagi kelompok berdasarkan tingkatan kelas.. (kelas 1-2, kelas 3-4, kelas 5-7..)


* suasana penyuluhan di kelas 1 dan 2...

* suasana kelas 3 dan 4...


* dan terakhir, kelas 5, 6, dan 7...

Its time tho show and give the best for them!! Saya sendiri ambil klompok anak2 kelas 1-2 untuk menyampaikan materi dsana.., dengan asumsi sebelumnya, bhwa kelompok ini nampaknya jumlah nya paling sedikit, lebih mudah diatur, gk banyak nanya sehingga cukup dikasih materi yg superficial saja…


* mempreragakan cuci tangan yang baik, menggunakan sabun dan air yg mengalir untuk mencegah flu..


* focus group disscusion, salah satu metode penyampaian materi ke anak2 nya.., lebih dekat.., lebih diterima.. :)

Tapi ternyata…, Enk..ink..enk..., JRENG !!! Ternyata jumlah anak2 kelas 1 dan 2 PALING BANYAK.., terlebih lagi.., ketika kami coba menjelaskan.., ternyata sangat HEBOH.., pecicilan bgt.., ada yg duduk, berdiri.., lari2.., ketawa2.., nangis2.., loncat2.., guling2, jungkir balik, terbang2.. (saking stress nya ngurusin mereka nih.., he..), bnyak nanya.. (terutama yg aneh2 dan gk berhub dengan materi.., he..), antusias menjawab pertanyaan nya sangat besar (sehingga pas ditanya apa.., semuanya jawab dan susah diberhentiin nya..^^), tapi overall menyenangkan lah melihat bocah2 bertinggi kurang dari 1 meter itu melakukan sifat2 kekanak-kanakan nya mereka.., walaupun akhirnya suara mau abis dan serak jadi nya… (ternyata jadi guru SD harus sabar bgt ya…, gk salah Allah ngasih perbandingan 1:10 untuk orang2 sabar..^^, -perasaan waktu saya SD baik deh..^^) tapi itu semua terbayar sudah!!


* anak2 nya aktif.., ketika ditanya..., hampir semua mengacungkan tangan nya.. ^^

Penyampaian materi selesai…, saat nya bermain games..!! Mulai dari games konsentrasi, berhitung, hingga yg melibatkan akifitas fisik.., dan keluar lah 4 orang sebagai juara yg akan mendapat hadiah nantinya.. :), tidak hanya sampai dsitu.., selain 4 orang tadi.., masih ada 7 orang lain nya yg berhak mendapat hadiah dari kuis yg diberikan seputar penyuluhan yg diberikan...(sekalian sbagai parameter.., sejauh mana materi yg kita sampaikan bisa dipahami mereka..) Berbeda dengan mahasiswa jaman sekarang.., ketika kita bertanya siapa yang bisa.., hampir 3/4, bahkan 4/5 siswa semuanya mengangkat tangan nya pertanda ingin menjawab kuis.. (padahal gk sedikit dari mereka yg gk tau jawaban nya.., bahkan soalnya pun gk ngedenger juga.., he.., maklum lah anak2..^^), aktif bgt lah mereka.., dan nampaknya pencapaian hari ini cukup baik..,dan akhirnya total didapatlah 11 orang beruntung yg berhak membawa pulang hadiah..


* game konsentrasi....
SAYA-KAMU-KITA... !!! (he.., pasti bingung..^^)


* berpelukan.....^^ (di game kapal pecah..)




* berebut anak2 yang mau menjawab kuis dari soal yg diberikan.. ^^


* akhirnya.., 11 orang beruntung yg bisa membawa pulang hadiah.. :)

Acara ditutup dengan meminta anak2 tersebut menggambar, menulis, bikin puisi, atau apapun itu bebas tentang kegitan hari ini..., macem2 hasilnya...(dan kebanyakan gk nyambung..., he..), mulai dari gambar orang, rumah, mobil, pemandangan, sekolahan nya, abstrak (saking abstraknya.., sya bingung.., itu gambar apa bukan.., he..), spiderman (apa coba nih..^^), phytagoras.. (beuh.., al biruni bgt..^^), suasana penyuluhan, gambar indah (bukan gambar yg indah ya.., tapi ada anak yg bikin gambar, ceritanya itu si indah.., he..), ucapan terima kasih, bahkan yg lucu buat saya.., ada yg doain kita jadi guru.. (subhanallah ya.., kuliah 6 taun di kedokteran.., lulusnya jadi guru.., he..he...), ada yg bikin puisi tentang ikan terbang.. (apa hub nya coba.., jadi inget si firman.., he..), ada yg curhat ibunya dosen FE Unpad.. (he.., dasar bocah..), ada yg nulis hymne guru.. (gk tau juga maksudnya apa..^^), ada yg nulis cita2 nya jadi dokter.., dan ada satu tulisan yg cukup lebay buat saya.., tapi lucu karena yg bikin anak2..., gini isinya: ” aku seneng banget soalnya disini aku bisa mendapatkan kesenangan yang banyak...buanget, aku berharap hari ini akan menjadi hari yang terindah, OK ! (ok nya ditulis gede bgt sampe memenuhi space kertas yg disediakan..^^), lucu sekali mereka..

Tak selesai sampai disitu.., setelah penyuluhan selesai.., kami diminta nunggu di suatu ruangan.., yg disana kami cukup dimanjakan dengan makanan yg ada.. :), saatnya MAKAN !! he..he.., ketika dirasa cukup puas menyantap snack yg disediakan.., kami pun bermaksud pamit untuk pulang.., tapi ketika kami hendak pamit.., ibu guru yg kami hub meminta kami menunggu sebentar di tempat tadi.., ada ’sesuatu’ katanya.., akhirnya kami pun bingung.., dan berspekulasi.., jangan2 ada kejutan nih... (he.., ngarep..^^)

Akhirnya.., tak lama kemudian..., kami diperkenalkan dengan sang pemilik sekolah.., ternyata beliau adalah calon rekan sejawat kami.., seorang ibu dokter lulusan FK Unpad angkatan 93.., tidak memilih sebagai klinisi (gk buka praktik..), tapi memilih sebagai akademisi, dan kini sedang mengambil kuliah S3 bimbingan dan konseling.. (Wow.., luar biasa.., kejutan pertama buat saya..), selang beberapa saat, tak lama kemudian sang ibu kepala sekolah menemui kami.., dan mengucapkan terima kasih.. (ibu.., tak perlu berterima kasih.., itu semua karena ketulusan ibu dlm memberikan yg terbaik untuk anak didiknya.., harusnya kami yg berterima kasih..^^, he.. –dah kayak iklan SBY belum??he..he..), kemudian beliau meminta kami membawa setumpuk box konsumsi berisi menu nasi padang lengkap untuk dibawa pulang..., subhanallah ya..^^, (kejutan kedua buat saya..), gak selesai sampai dsana ternyata !! sang ibu kepsek berkata seperti ini ” jangan sampe kapok datang kesini ya.., ini ada alakadarnya, untuk ganti bensin dan teriak2 depan anak2.., jangan diliat dari besar kecil nya ya.." (sambil tersenyum beliau memberikan amplop yg entah isinya apa..^^), kejutan apalagi nih pikir saya.., he..^^

Setibanya di Bale 4 ketika semuanya sudah berkumpul kmbali stelah shalat dzuhur.., ketika kita buka isinya.., ternyata.................................................................................
.......................................................................................................................................
(bersambung..., -biar penasaran.., ha..ha....)

Sambungan nya:……………………….., ternyata isinya uang 50 ribuan sebanyak 10 lembar…., so??? 500 ribu untuk penyuluhan yg hanya seperti itu saja…, wow !! seperti mimpi…!! (berlebihan.., ha..), soalnya baru kali ini penyuluhan malah dikasih duit.., sebanyak itu lagi!! jadinya aneh.., apalagi untuk bayar bensin dan teriak2..., so??? MASUK KAS PKM LAH.. :) , untuk persembahan dari hati yg tak mati lain nya..., he...

Bersenang-senang bareng bocah2..., berbagi ilmu..., meraup pengalaman..., melatih kesabaran, MENYENANGKAN!!!

Al Biruni...??? Yes !!! Al Biruni...??? Yes !!! Al Biruni...??? ALLAHU AKBAR !!!
(jargon atau yel 2 mereka...^^)

2007 ??? SUPPPEERRSSTTAAARRR !!!!
(mana ada yg lebih keren dari ini...?? he..he...)




* insan abdi masyarakat yang Allah beri kesempatan untuk turun ke lapangan..
atas (ki-ka) : friska-anind-rima-indah-iie
bawah (ki-ka) : dani-rian-canun-saif-haikal
komposisi yang sangat seimbang, 5 cowok, 5 cewek, 5 orang 2007, 5 orang 2008.. :)


* sebuah persembahan dari hati yg tak mati..., untungnya gk akan mati2!!! klo gk materi, insya Allah pahala dari Allah..

_segera jawab keterbutuhan umat akan hati yg tak mati ini, GO PKM GO !!!_
(nih akhli.., dah saya upload beritanya..., pasti nyesel gk bisa ikut.., he..., ayo tunjukan bentuk pengabdian yg akan kita lakukan bersama nanti..., he..he..^^)


IKLAN (lagi) :

Posting terbaru di http://seoranganakmanusia.blogspot.com/
Dengan judul : Pengabdian, “ persembahan dari hati yang tak mati....”
Silahkan dikunjungi (lagi).., terutama untuk para insan abdi masyarakat, setiap kita yg ingin selalu memberikan penghambaan terbaik di hadapan-Nya, untuk sebuah esensi dan penanaman makna di setiap kita...

Komentar :

ada 0 comments ke “Menyuluh Al Biruni.. :)”

mau add??

Dani Ferdian's Facebook profile

Daftar pengikut

Search This Blog

 

© 2009 Fresh Template. Powered by Blogger.

Fresh Template by NdyTeeN