22.6.09

Kaledioskop Pengabdian PKM BEM KEMA dalam cerita.. (bersama saya..,he..) :)

Bermula dari sebuah undangan dari BEM Universitas untuk Dept. Pengabdian Kepada Masyarakat tiap fakultas.., kebetulan untuk kedokteran.., undangan itu jatuh ke tangan saya.. :) , sya baca.., dan agenda nya tentang Bina Desa...

WOW !!! kembali merangkai kenangan yg sempat terurai..., masalahnya (bukan masalah juga sih sebener nya.., he..he.. ), taun lalu..., selama setahun, kebetulan saya yg megang amanah itu di BEM Univ.. :), menjadi seorang ketua Tim Bina Desa Universitas Padjadjaran di Desa Cilayung.. (mohon maaf untuk semua kebodohan.., kekhilafan, kekurangan, kesalahan, kekesalan, kekeliruan, dan ke-.... , lain nya ya..), terutama di masa akhir2..., sungguh kebingungan sangat ketika kita harus membagi porsi waktu yg Allah kasih dengan adil untuk smua amanah yg saya pegang.., mulai dari bina desa, kaderisasi senat mahasiswa FK, PKM FK, blum lagi permasalahan2 angkatan..., ck.ck..ck.., repot ya... (berarti emang gak perlu punya istri banyak.., repot biar adil nya..., satu aja biar fokus.., he..he..), tapi gmana lagi da.., semuanya emang lagi butuh saat itu... (butuh bantuan ya.., blum tentu butuh saya.., he..^^)


* peta desa cilayung.., desa binaan Unpad tahun lalu..

Tapi apapun itu..., semua hal yg dirasa kurang, biarlah menjadi bahan pembelajaran, dan semua kedzaliman2 serta totalitas yg diberikan, menjadi itung2an kelak ketika kita bertemu dengan-Nya.. :)

Sebuah program sebagai bentuk penjabaran visi Dept. PKM BEM KEMA Unpad Kabinet Kebangkitan ini.. (Membangun Langkah Sinergis Dalam Membantu Masyarakat Dengan Kerja Nyata) dan dilatar belakangi Tri Dharma Pergruan Tinggi yang ke 3, yakni Pengabdian Kepada Masyarakat (ke-1 dan ke-2 nya apa hayo..^^) dan kondisi Jatinangor saat ini, maka lahirlah beberapa kegiatan dalam upaya nya menguatkan konsep Community Development yg kami bangun.., itu semua sia-sia tanpa kerjasama yg cantik dari teman2 tiap fakultas yg terintegrasi menjadi satu.. :)

Berikut kurang lebihnya kegiatan yg kami lakukan..

1. Launching Program
Dengan serangkaian kegiatan bagi2 beras dan buku (hasil pengumpulan dari mahasiswa baru Unpad yg memecahkan rekor MURI itu..) ditambah ta’lim dan buka bareng sama warga.., thanxs berat buat Aurora FTIP atas tanggung jawabnya.. :)


* beras untuk dibagikan ke warga..

* makan malam bersama seusai melaksanakan program @ Pujasera.. :)

2. Halal bi Halal
Silaturahim bersama murid2 dan guru2 dari 3 sekolah dasr di Cilayung..., bermain, tertawa, makan dan menonton Denias bersama..., GREAT !! makasih untuk si bocah sakti Fitri Fapsi dlm mengerjakan amanah ini..
(cerita lengkapnya klik disini)


* berfoto bersama murid 3 SD di Cilayung...

3. Penyuluhan Kesehatan Gigi
Sesuai dengan bidang nya.., yg turun disini jelas lah anak2 kedokteran gigi.. (masa anak sastra, atau ilmu politik.., ya jaka sembung bawa gitar atuh.., gk nyambung jreng..^^) , dilakukan penyuluhan ke kelas2.., dan gosok gigi masal.. :) , terima kasih berat juga buat Kasma FKG yg megang amanah ini dan menggerakan pasukan nya.. ^^


* merayakan kegembiraan setelah menggosok gigi bersama.. ^^

4. Penyuluhan Hipertensi
Kedokteran time.., saatnya tensi-tensian warga, dan ngasih penyuluhan juga.., terjadi misscom antara kita - aparat desa - warga.., sehingga warga nyangka nya pengobatan gratis.., akhirnya, saya coba ganti konsep, jemput bola.. !! artinya door to door home visit.., dan ternyata cukup menyenangkan.., trima kasih teh Nita FK, atas bantuan nya dan coba menggerakan anak2 SCOPH juga..


* memeriksa tekanan darah & memberikan penyuluhan...

5. Eksistensi Tanaman Obat
Menanam tanaman obat , meracik obat dari tumbuh2 an itu.., itulah yang diajarkan para pengabdi dari Farmasi ini.., walaupun sedikit ada masalah.., tapi nampaknya masih bisa diatasi.., makasih buat Eka Farmasi (tmn SMA saya.., he..) yg jadi ketua.., dan Yenni Farmasi yg jadi PJ di tim kita..., thanks untuk farmasi and the gank... :)


* farmasi dan tanaman obatnya.. :)

6. Achievement Motivation Training
Membuat anak2 dari 3 SD mempunyai cita2 dan mau mengejar cita2.. ^^, kekuatan mimpi diajarkan disini.. :) , semoga menjadi reporter, DOKTER (knapa harus di CAPSLOCK??he..), pemain sepakbola.., dan apapun itu cita2 kalian bisa kalian wujudkan.., terimaksaih untuk teman2 psikologi.., terutama untuk 2 bocah Fitri & Hasya Fapsi sebagai penanggung jawab.. :)

* mengajarkan kekuatan mimpi pada murid2 SD...


* seperti menonton sepak bola.., pengunjung yg tdk memiliki tiket hanya bisa menonton dari jendela.., he..he...


* beberapa panitia yg bertugas saat itu.. :0

7. Balai Pengobatan, Pasar Murah, Paramedis kecil, dan Home Visit..
Acara paling besar klo boleh saya bilang..., melibatkan lebih dari 200 mahasiswa lintas fakultas.., dana paling besar (sampe bingung ngedanus nya..^^), melibatkan kurang lebih 300 warga..., persiapan paling matang dsb..., kegiatan nya mencakup mengobati orang gratis, cek golongan darah.., jual baju2 layak pakai dengan harga murah.., mengajarkan anak2 di 3 SD pengetahuan2 tentang kesehatan.., dan mengunjungi warga untuk mengetahui kondisi mereka.., terutama kesehatan nya.., dan pencerdasan tentang JAMKESMAS, GOOD JOB untuk anak2 medical complex.., dan temen2 Unpad pada umumnya.., good job juga buat Alvie FK dalam mengemban amanah ini.. :)


* kerjasama yg apik antara mahasiswa kedokteran, keperawatan, dan tim dokter dalam memberikan pelayanan terbaik kepada warga yg berobat...

* pasar murah yg kami gelar di dua tempat berbeda...


* paramedis kecil..., mengajarkan penanganan kesehatan praktis kepada anak2..


* pemeriksaan golongan darah.., gk nyangka peminat nya sebanyak ini..


* pembagian obat yg juga dilakukan secara gratis.., cuma2.. :)


* posko pencerdasan JAMKESMAS...


* merayakan kebahagiaan bersama bocah2 cilayung.. ^^


* spanduk PKM FK.., cukup kontroversi.., he..

Tahap persiapan....

* briefing teknis sebelum pelaksanaan...

* pembekalan materi dan skill untuk mahasiswa yg bergerak di bidang kesehatan yg akan diturunkan...


* mahasiswa kesehatan yg lulus (bertahan) dari pembekalan materi yg cukup melelahkan..


* rapat koordinasi lintas fakultas..., sering kita laksanakan...


* bahkan hujan pun tak menghentikan langkah kita untuk survey lapangan.. :)
(cerita lengkap gambar ini, klik disini )

8. Penyuluhan Kesehatan Ibu dan Anak
Sesuai nama nya.., penyuluhan tentang hal diatas untuk ibu2 warga desa Cilayung.., pasukan dari keperawatan lah yg diturunkan disini.., makasih buat Achie FIK atas kerjasama nya yg sangat baik untuk mengerjakan proyek ini.. :)


* para ibu yg dengan antusias mendengarkan penjelasan dari teman2 keperawatan..

9. Biogas
Menghasilkan energi dari hanya sekadar kotoran sapi.. :) kurang canggih apalagi coba?? ^^, itulah yg diajarkan ke penduduk desa..., walau di Cilayung sempat ada masalah.., tapi di desa Cileles.., instalasi ini berhasil kita rampungkan.., thanks sangat buat rekan saya Ian FPIK atas tanggung jawab nya di program ini...


* ternyata sapi sama manusia memang beda..., he..
( ya iyalah.., jadi selama ini kamu anggap...)



* gak nyangka kan kotoran sapi bisa menghasilkan energi.. :)

10. Pendidikan
Seminggu sekali selama setahun dengan rutin, pengorbanan dan pahit getir (lebay bgt nih.., tapi emang kayak gitu sih..^^) kita coba mengajarkan pelajaran kepada murid2 kelas 5 dan 6 di 3 SD yg ada di desa itu..., penghargaan setinggi-tingginya untuk Mesri Fikom dlm hal ini yg sudah mengatur berjalan nya program ini.., mulai dari mencari mahasiswa yg mau jadi relawan sebagai pengajarnya dsb..., dah cocok kalian jadi guru nampaknya..


* merasakan pengabdian seorang guru...


* rehat.., berfoto sejenak untuk menghilangkan kepenatan belajar.. :)

11. Closing bindes...
Sepatah-dua patah kata dari kedua belah pihak.., persembahan (penampilan) dari tiap SD, pemberian sertifikat kepada fakultas2 terlibat..., panitia terbaik.., hadiah2 buat anak SD..., maen game basah2an bersama..., lomba kreasi mie ibu2.., dan makan mie bareng..., berkunjung ke rumah warga..., dan hal2 menyenangkan lain nya....


* salah satu bentuk penampilan dari salah satu SD..



* kembali ke masa kanak2 dengan bermain air bersama bocah2 Cilayung.. :)

Setahun tak terasa semua nya berjalan..., semoga tidak begitu saja..., walaupun desa nya agak tidak kooperatif..., sudah diserang dari awal..., nikmati saja proses pembelajaran nya.., tercapai atau tidak sasaran nya.., selama kita sudah berusaha memberi dengan optimal dan ikhlas.., dengan niat dan tujuan baik.., itu tentu bernilai di hadapan-Nya.. :)
20 jari (bukan 4 jempol lagi..^^) untuk kalian yg bersama2 berjuang dan berhasil melewati masa-masa sulit dalam memperjuangkan ini..., nikmatilah hasil nya dari kita coba mengintegrasikan semua fakultas ini... :), terimakasih sehangat-hangat nya untuk kalian yg tak bisa saya sebutin satu persatu.. ^^
Pokoknya kalian KEREN buat saya..!! (walaupun sya gk kalah keren nya.., ha..ha...)




* berniat survey tempat dan ketemu kepala Desa, karena kebetulan sedang rpt desa.., eh malah disuruh ngomong dsana bareng pa Kades.., dihadapan para ketua RW.., BPD, LINMAS, dan aparat2 desa yg lain.., pengalaman pertama ngomong di hadapan 'para pejabat' desa.., gpp lah.., itung2 latihan buat ngomong di hadapan para pejabat negara suatu saat nanti..., Aminnn.. :)


* koordinasi dengan para ketua RW.., menjadi hal yg sering kami lakukan...

Pokoknya bindes taun ini HARUS LEBIH BAIK!! Lebih menyenangkan, lebih mendapat sesuatu dengan kita memberi lebih...

Berbicara tentang bindes.., tak bisa dipisahkan dari PKM BEM Univ atas peran yg dilakoni nya selama ini.. :), setahun kita sama2 belajar di kepengurusan..., terimakasih telah memperkenalkan saya dan teman2 pada dunia luar, he.. :), semoga kata keluarga itu tak hanya diucapkan saja.. :)


* awal pertemuan : rapat2 program kerja, yang disudahi rapat kerja di Ciburial..

Dari PKM Bem Univ juga akhirnya saya dan teman2 bisa memberi pengabdian taraf regional Bandung Raya.., diperkenalkan juga dengan teman2 Bandung Raya...dlm pengabdian di beberapa desa di derah Ciwidey feat Posko Jenggala.. (untuk teman2 FK.., berapa ratus pasien coba yg kita tangani pada saat itu..^^, capek memang.., tapi sangat berkesan.. ^^)
(cerita lengkapnya, klik disini)


* bisa beristirahat setelah menangani kurang lebih 500 pasien..


* bersama tim dokter dari Posko Jenggala...

Program lain selain Bina Desa dari PKM BEM Univ yaitu Taman Ilmu.., mengajari anak2 gk mampu tiap minggu nya di Yayasan Bunda Hajar..., baru sekali saya ngajar ngaji waktu Ramadhan disana..., menyenangkan, harus di-LANJUTKAN !!! :)


* ngajar ngaji di taman ilmu.., bikin ketagihan.. :)

Terimaksih telah menguatkan saya akan makna PENGABDIAN...
(apa itu pengabdian?? Tunggu saja penjelasan nya di blog saya yang ini http://seoranganakmanusia.blogspot.com/ )


* perpisahan bukanlah akhir.., melainkan awal dari sebuah perjumpaan baru.., bukan hanya sekadar menjadi kenangan.., tapi jadikan itu yg membakari diri kita untuk terus berkreasi dalam satu ikatan hati... -PKM BEM KEMA UNPAD Kabinet Kebangkitan-

* Bersungguh2 lah dalam mengerjakan pengabdian kepada-Nya sebelum pada yg lain.. :)

_semoga kita dipertemukan lagi di acara pengabdian lain nya ya !! atau paling tidak, tekadkan dalam diri kita bahwa kita sama2 melakukan pengabdian, kepada sang Maha Pencipta, ayo PKM FK, jangan mau kalah !!!^^_


IKLAN (lagi) :
Posting terbaru di http://seoranganakmanusia.blogspot.com/
Dengan judul : Al wajibatu aksaru minal auqoth…
Silahkan dikunjungi (lagi).., terutama untuk setiap kita yang merasa bahwa kewajiban itu lebih banyak daripada waktu yg telah Allah berikan pada kita..

Komentar :

ada 0 comments ke “Kaledioskop Pengabdian PKM BEM KEMA dalam cerita.. (bersama saya..,he..) :)”

mau add??

Dani Ferdian's Facebook profile

Daftar pengikut

Search This Blog

 

© 2009 Fresh Template. Powered by Blogger.

Fresh Template by NdyTeeN