26.5.09

Si endometritis bla..bla..bla...dung..dung..jreng..

"endometritis puerperial cervicitis gonorrhea"...., familiarkah kita dengan kata2 tersebut?? Naon artina??? Emang dari bahasa mana sih?? Rusia?? Perancis (nulisnya versi sunda ya…, he…, cz sya orang sunda..^^) , atau Trinidad & Tobago??

Yang pasti bukan dari bahasa sunda lah… (nya enya lah !! moal aya bahasa sunda jiga kitu !! ). Tenang2.., permasalahan nya bukan lah pada bahasa mana atau siapa, yg sya tanya sering mendengarkah kita dengan kata2 tersebut??? Untuk orang awam (sombong bgt sih.., emangnya situ dah expert ya..) mungkin menjadi hal yg aneh atau tabu (lebay..) mendengar hal tersebut..., namun wajarlah.., berarti anda masih normal.., pasalnya.., sebagai seorang mahasiswa fakultas kedokteran pun…, masih banyak ketika mendengar kata tersebut mereka bilang “apaan tuh..??”, bahkan lebih parahnya lagi “apa??” sambil minta diulangi karena saking panjang nya kata2 itu… (oh.., jadi ini bahasa kedokteran ya..., bukan bahasa sunda???)

Bahkan, si saya yang notabene dan cerita nya pernah belajar 31 kasus tentang sistem reproduksi, endokrin, dan syaraf ini (wow.., kesan nya kayak yg gmana.., padahal mah engga segitunya.., he...), hanya bisa bengong, deg-degan, dan pasrah aja pas denger dan melihat kata-kata tadi..., dan beruntung nya..., itu adalah kasus ujian lisan yg sya dapat pada saat ujian kmarin...

*bahan buat sya hadapin ujian.., 31 draft kasus BUATAN SENDIRI (sombong bgt sih..), tambah draft dept. akademik angkatan yg hebat dan cihuy.., draft angkatan atas.., draft klmpok sya yg ada novita & doo nya.., draft nya icha, didung dkk, plus qur'an sebagai penutup 4 sehat 5 sempurna.., mantabh!! (walaupun gk sempet kebaca smua.., he..)

Dunia hanya bisa tersenyum ditengah kebingungan dan kegelisahan saya mau nulis dan jelasin apa pas presentasi..., ha..ha...

Sekilas ya..., sya overview kasus nya biar kita semua dapat tambahan ilmu.., jadi si endometritis puerperial cervicitis gonorrhea itu adalah infeksi endometrium (lapisan uterus paling dalam, -itu loh, organ yg biasanya berhubungan dengan mens pada wanita..) pada masa puerperium (waktu setelah melahirkan anak untuk perbaikan organ2 reproduksi yg lamanya kurang lebih 6 minggu) akibat ascending / naiknya bakteri yang nyebabin cervicitis (infeksi cervix –bagian yg menghubungkan antara uterus dan vagina.., duh..., gmana jelasin nya ya..., pokoknya mah gitu weh.., terima heula.., he..) oleh Neisseria gonorrhea (apaan lagi tuh...?? ini teh bakteri intinya mah...., tau bakteri kan??he..) yang diakibatkan tertular si suami karena dia suka gunta-ganti pasangan dalam berhubungan sex... (astaghfirullah...., contoh yg buruk ya sahabat..., jangan ditiru..., he..^^), ditambah proses ngelahirin si ibu itu tuh dibantu sama paraji, jadi kurang steril..., merupakan faktor risiko si pasien itu kena infeksi juga...,lah..., pokonya mah gitu we..., lieur kan??? Bagus lah.., kata dosen saya mah..., bingung tanda kita BERPIKIR !!!


*Gambar bakterinya secara mikroskopis..., pasti bingung kan gambar apaan?? he.., sya aja sampe sekarang masih gk bisa ngebedain gambar apa yg ada di bawah mikroskop.., perasaan sama semua..., tapi satu hal yg pasti..., gambar sel di mikroskop itu bagus coraknya.., cocok bwt desain baju..., bisnis yang menjanjikan..., wakakakka

Intinya..., sya gk terlalu paham sama kasus ini..., yaudah lah ya..., mau digimanain lagi..., kerjain aja yg penting PD (persis Dani.., he...^^), akhirnya di kertas presentasi.., karena saya gak ngerti bgt mekanisme penyakitnya kayak gimana..., saya cuma nulis gini (sederhana nya..)..., paraji --> infeksi endometrium--> gejala2 pada kasus..., nampak bodoh memang..., tapi emang bodoh !! ha..ha...

Terpakasa hipocampus (artinya kuda nil bukan sih?? Oh salah ya.., itu mah hipotalamus ya??? Apa salah juga?? Oh.. hipopotamus –dengan tulisan sunda) atau bagian otak yg dirancang untuk memegang fungsi memori (gaya bgt kan bahasan nya..) sya harus bekerja keras me-recall apa yg pernah saya baca sebelumnya...

Masuklah ke ruang eksekusi.., berharap dapet dokter penguji yg berbudi (hidup SBY-BERBUDI !!! loh...?? maaf2.. ^^) dan beruntung sekali..., sya dpt dokter X dan dokter ***** (sensored) yang terkenal baik hati, gemar menabung, dan tidak sombong... (maaf karena ini hari kebalikan, he..) ya sudahlah..., lengkap sudah penderitaan...

Masuk ruangan...., baru masuk saya dah MECAHIN kaca lemari ruangan tutorial itu..., sial !!! berniat mencari solasi untuk menempel kertas.., ternyata kaca yg sya buka tidak menempel pada tempatnya..., alias memang sudah rusak dari awalnya, dan sama si anak2 kelompok tutor itu hanya diletakkan begitu saja.. (kamoflase.., menipu..), alhasil.., ketika saya tarik..., terbanglah (lebay pisan...) si kaca itu dan membuat kegaduhan yg sangat... (pertanda buruk...) , kaget memang, apa yg sudah dihapal ikut pecah..., he..he...

Namun dengan berlagak agak kul (baca cool..) sya bersihkan serpihan kaca..., lalu dimulailah analisis kasus selama 20 menit..., dengan otak dan mental yg sudah atrophy..(emang mental bisa atrophy ya?? He..., emang atrophy apaan??? –berlagak bodoh)

Dan alhasil seperti yg sudah diprediksikan di awal..., ditambah semua kejadian yg mengikutinya, hasil SOOCA (baca Student Objectives Oral Analysis.., -gaya bgt kan..^^) kali ini dibawah harapan..., tapi bersyukur karena masih dalam batas standar kompetensi, karena masih banyak juga yg nilainya dibawah... (walaupun lebih banyak lagi yg lebih bagus..he...), tapi enjoy aja..., yg penting lulus !! toh mau marah2 pun gk kan menyulap nilai saya yang * plus plus ini jadi A... (emangnya the master.., he...) jadi inget kata si vanie di sebuah situs jejaring sosial.. ” berdiri.jongkok.gulingguling.tiarap. nilai sooca nya tetep ga berubah ya dan :( ” sabar2 van...^^

Gak apa2..., taun ini memberi kesempatan ke yg lain buat cumlaude... (minta dibunuh yg lain kali.., he...), namanya juga SOOCA, nilainya ya SOOCA2 (-baca suka2..) dokter nya lah..., ha..ha..

Jadi inget sesuatu..., sya pernah denger klo ujian (dalam artian ini adalah ujian yg diberikan Allah ya..^^), itu datang pada hamba Nya karena 2 alesan:

1. Untuk membayar dosa nya

2. Sebagai ujian/tahapan kenaikan tingkat hamba Nya..

Gitu kurang lebihnya..., mudah2 an ujian yg dateng ke sya sekarang karena alesan kedua... (ha..ha..., ngarep bgt..., padahal lebih condong ke yg pertama..,he..), tapi apapun itu…, disyukuri saja.., karena pasti ini yg terbaik dihadapan Nya…, karena Allah ngasih yg kita butuhin, bukan yg kita inginin bukan??? (jawab: bukan…., ha..ha…, becanda..)

Dan yg selalu saya syukuri adalah karena yg bernilai di mata Allah adalah PROSES nya bukan hasilnya..., dan bisa saja nilai * plus plus di mata dokter.., tapi bisa A++ dihadapan Nya...

Amin.... :)

Semangat, jangan terlalu lama bersedih, lupakan si endometritis puerperial cervicitis gonorrhea itu, masih banyak ujian lain yg menanti untuk kita habisi !! he...

Semangat, harapan itu masih ada, dan akan SELALU ada... :)

*for superstar with love...

meramaikan warna-warni SOOCA setelah sebelumnya menjamur di fesbuk.., kini bermetastasis ke blog...

untuk air mata yg telah keluar.., untuk keringat yg bercucuran.., untuk bahagia yang datang.., untuk amarah yg tak tersalurkan...

masih inget quotes sya yg sering saya tulis setiap kali kirim pesen group di fesbuk:
_jangan sampai SOOCA punya nafas lebih panjang dari semangat kita untuk mengalahkan nya_

masih, ada BHP, MDE, COMPRE, OSCE untuk kita habisi

syukur.sabar.ikhlas.

2007, SUPPERRSSTTAAARRRR !!!!!

Komentar :

ada 7 comments ke “Si endometritis bla..bla..bla...dung..dung..jreng..”
shakiena said...
pada hari 

wahaha dan, lucu2..
aku baru tau dani mecahin kaca
ahahaha

ooh jadi blognya lebih ke pengalaman konyol yah??
oke oke
pertahanin kekonyolannya.. hohohoh

me.. said...
pada hari 

jangan bilang siapa2 shake..
parah bgt emang...

gak harus pengalaman konyol sih.., tapi apapun.. :)

Anonymous said...
pada hari 

wakakaka..
smangat dan!!
btw,,dokter sapa dan??XXX kah??

danfer.. said...
pada hari 

dr. betty tercinta.. :)

T a M i said...
pada hari 

whuaaa...
daniii...

aq mw ng-take qm d note aq d fesbuk ah..
ntar komen-in yak..

(gaya euy,, br skali ngpost note d fesbuk.. hagz...)

danfer.. said...
pada hari 

ok...

tar sya komen nin.. :)

knapa gk tulis di blog aja sih??

danfer.. said...
pada hari 

ok...

tar sya komen nin.. :)

knapa gk tulis di blog aja sih??

mau add??

Dani Ferdian's Facebook profile

Daftar pengikut

Search This Blog

 

© 2009 Fresh Template. Powered by Blogger.

Fresh Template by NdyTeeN