30.6.09

JUDICIUMKU sayang...

JUDICIUM !!! (baca: yudisium, bukan yuk dicium..!! he..), enggak tau apa artinya juga.., dan enggak tau juga knapa fakultas ngasih nama ini juga.., yg pasti.., ini tuh kayak bagi raport pas kita SD lah..., sebuah proses pembagian transkip nilai indeks prestasi, pengumuman kelulusan, mahasiswa terbaik, konsultasi dan pendaftaran remedial...

TURUN 0.31 IP taun kedua saya dibanding IP taun pertama, IP taun pertama yg dulu 3.XX, kini ditaun kedua jadi (3.XX-0.31), he..he.., jadinya IP taun kedua kurang 0.0X menuju cum laude.., tapi Alhamdulillah.., untuk indeks prestasi komulatif nya.. (IPK) masih bisa membuat dunia tersenyum.., masih cum laude ceritanya.. ^^ (gk tau juga sih cum laude artinya apa.., he..)


* foto abis judicium pas taun pertama, dresscode judisium: pakaian rapi, formal. (dah kayak sales promotion boy dan sales promotion girl aja semuanya.., ato kayak yg mau pada ngelamar kerja.., he..he..)

Nilai IP tadi menggambarkan cara belajar saya nampaknya..., taun pertama, mungkin masih agak lumayan saya belajar kelompok.., nah.., untuk ditaun kedua.., lebih jarang karena males keluar rumah.., dan lebih sering belajar sendiri.., he..., emang ditambah penurunan kualitas belajarnya aja sih.. :), ntar taun ketiga lebih dioptimalin lagi ah.., rajin belajar kelompok lagi mungkin.., he..he..

Tapi emang bener, SOOCA (ujian lisan..) tuh sangat berpengaruh ke nilai.., nilai MDE (ujian tulis) saya gk jauh beda sama temen2 lain yg IP nya 4.., hanya SOOCA nya yg berbeda.., waduh2.., akibat si endometritis puerperalis cervicitis gonorrhea nih.., he..he..

Tapi apapun itu.., ALHAMDULILLAH.., Allah PASTI KASIH YG TERBAIK buat saya.., siapa tau dengan IP sya yg 4.., sya bisa sombong.., makanya Allah kasih saya IP segitu.., Thanks God !! Kau beri apa yg hamba BUTUHKAN, bukan apa yg saya INGINKAN.. :)

Semoga bisa jadi mahasiswa yg lulus sarjana kedokteran tanpa remedial.., aminn...., he..he...

Untuk 27 orang teman2 lain yg katanya non eligible di taun kedua.., tenang aja.., Allah selalu bersama kalian !! Doa saya juga menyertai kalian.. :) , klo ada yg mau dibantu ngomong aja.., Ayo kita lulus bareng-bareng !! Kebersamaan kita akan utuh terjaga (insya Allah..) walau banyak kemungkinan2 yg bisa terjadi nantinya...


* foto pertama kali pas kita OSPEK.., kebersamaan itu akan selalu ada..,
Ayo LULUS bareng2 !! :)



* Dan yakinlah bahwa Allah memberi apa yg kita BUTUHKAN, bukan yg kita INGINKAN..

_sikapi semua nya tanpa marah2.., lewati ini semua dengan tak sekedar sabar dan ridha saja.., tapi BERSYUKURLAH !!!_

26.6.09

Menyuluh Al Biruni.. :)

Al Biruni, merupakan matematikawan Persia , astronom, fisikawan, sarjana, penulis ensiklopedia, filsuf, pengembara, sejarawan, ahli farmasi dan guru, yang banyak menyumbang kepada bidang matematika, filsafat, obat-obatan................ (bersambung..)

Bersambung?? Knapa bisa?? Ya bisa lah !! teserah saya..., lagian sya gk akan ngebahas tentang beliau.., hanya mau membahas nama SD dan SMP yg menggunakan nama beliau senagai nama sekolahan nya..., he..he...

Knapa harus SD & SMP Al Biruni?? Karena baru saja kami selesai memberikan penyuluhan kesehatan di sekolah tersebut...

Berawal dari sebuah SMS dari ketua senat sya, yang mengabarkan bahwa ada tawaran penyuluhan tnggal 25 dari sekolah tersebut.., cukup membuat freeze beberapa saat (krena saya terima SMS itu tgl 20an..) berarti tinggal beberapa hari lagi.., dan kebanyakan dari anak2 PKM dah pada balik ke habitat nya masing2.. (pulang kampung-red), so, krisis SDM kah??

Bermodal dengan nge-SMS semua ’abdi masyarakat’ FK, akhirnya sy buat janji untuk Net Meet PKM tanggal 22 nya.., dengan agenda saat itu ngebahas progress report action plan masing2..., dan mau memasukan wacana penyuluhan itu di Net Meet tersebut.., alhasil.., Net Meet yg dihadiri 7 orang ini (sisanya pada gk bisa krena lagi di perjalanan, daerahnya gk ada internet.., bla..bla..bla.., dsb..^^), ketika sya masukin agenda penyuluhan ini diawal.., malah jadinya Net Meet ini full ngebahas penyuluhan.. (tapi gpp.., karena menghasilkan sesuatu..^^), so, apakah kami terima tawaran itu menurut kalian?? Dengan jangka waktu kurang dari 3 hari.., dan SDM yg bersedia turun hanya 4 orang pada saat itu.., untuk ratusan peserta, dan kita belum persiapin apa2 pada saat itu??

Nice try !!! Yap, akhirnya sya putusin kita terima tawaran itu.. (apalagi melihat semangat dari 2 orang anak manusia, saif & canun bwt melaksanakan program ini..^^), tak kan sampai ada umat yg tak terlayani kebutuhan nya selama masih ada hati yang tak mati ini.., tak kan kami biarkan persembahan ini berhenti sampai disini.., biarlah Dia menjadi alasan semua ini.. :)

Senin Net Meet, dipilih saif jadi koor. project, selasa dah mulai kumpul, saya gk bisa ikut cz harus ke beberapa institusi pemerintahan buat bantu2 LKMM nas.., rabu langsung survey ke TKP naek motor (inspirasi untuk konsep acara baru didapat pas naek motor waktu ke kampus.., he..) dan ternyata sekolahan nya bagus.., program2 sekolahnya pun bgus, bahkan ketika sy kesana.., beberapa bocah yg tingginya 1 meter lagi maenin lagu ”Bunda” pake biola.., GREAT!!, (gara2 sekolah swasta mungkin ya..^^), pas pulang, ngehindar nabrak mobil, eh malah ngebentur bahu jalan akhirnya..., nasib2..^^, rabu malem bikin slide materi, juklak, dan mulai gerilya di febuk untuk nyari orang yg mau ikut.., finally..., Kamis 25 Juni 2009, kita pasukan ’abdi masyarakat’ FK Unpad, siap memberikan persembahan dari hati yg tak mati nya.., dalam kesempatan ini menjawab keterbutuhan tentang gizi seimbang dan pencegahan flu..., untuk beberapa ratus peserta (yg terdiri dari anak SD kelas 1-6 dan 1 SMP ini...) di Al Biruni, Jl. Terusan Panyileukan No. 11 Soekarno-Hatta, dari jam 9-11 ini..., 10 orang yg turun dlm kesempatan kali ini.., saya (seorang anak manusia biasa.., he..) , saif (yg saya tunjuk sebagai koor project), canun (yg paling bersemangat dlm nyampein materi), haikal (anak asli Malaysia yg mencoba peraduan di Indonesia), rian (yang langsung terbang pagi nya dari Lampung..), rima (akhwat yg dtg paling pagi..), iie (yg confirm telat ke saya.., padahal sy juga telat..^^), friska & indah (2 orang anak 08 yg sering ikutan kegiatan PKM..), dan anind (yg datang nyusul dan harus berurusan dengan dr.Chevy jam 1 nya..^^)

Acara ngaret dari jadwal yg telah dijanjikan sebelumnya..(maaf ya bu guru.., soalnya harus nunggu yg dari bandung dulu..), so.., gk ada pembukaan bareng2 dulu.. (lagian tempatnya emang gak memungkinkan sih.., cz baru dibangun gedung SMP tuh..), langsung dibagi kelompok berdasarkan tingkatan kelas.. (kelas 1-2, kelas 3-4, kelas 5-7..)


* suasana penyuluhan di kelas 1 dan 2...

* suasana kelas 3 dan 4...


* dan terakhir, kelas 5, 6, dan 7...

Its time tho show and give the best for them!! Saya sendiri ambil klompok anak2 kelas 1-2 untuk menyampaikan materi dsana.., dengan asumsi sebelumnya, bhwa kelompok ini nampaknya jumlah nya paling sedikit, lebih mudah diatur, gk banyak nanya sehingga cukup dikasih materi yg superficial saja…


* mempreragakan cuci tangan yang baik, menggunakan sabun dan air yg mengalir untuk mencegah flu..


* focus group disscusion, salah satu metode penyampaian materi ke anak2 nya.., lebih dekat.., lebih diterima.. :)

Tapi ternyata…, Enk..ink..enk..., JRENG !!! Ternyata jumlah anak2 kelas 1 dan 2 PALING BANYAK.., terlebih lagi.., ketika kami coba menjelaskan.., ternyata sangat HEBOH.., pecicilan bgt.., ada yg duduk, berdiri.., lari2.., ketawa2.., nangis2.., loncat2.., guling2, jungkir balik, terbang2.. (saking stress nya ngurusin mereka nih.., he..), bnyak nanya.. (terutama yg aneh2 dan gk berhub dengan materi.., he..), antusias menjawab pertanyaan nya sangat besar (sehingga pas ditanya apa.., semuanya jawab dan susah diberhentiin nya..^^), tapi overall menyenangkan lah melihat bocah2 bertinggi kurang dari 1 meter itu melakukan sifat2 kekanak-kanakan nya mereka.., walaupun akhirnya suara mau abis dan serak jadi nya… (ternyata jadi guru SD harus sabar bgt ya…, gk salah Allah ngasih perbandingan 1:10 untuk orang2 sabar..^^, -perasaan waktu saya SD baik deh..^^) tapi itu semua terbayar sudah!!


* anak2 nya aktif.., ketika ditanya..., hampir semua mengacungkan tangan nya.. ^^

Penyampaian materi selesai…, saat nya bermain games..!! Mulai dari games konsentrasi, berhitung, hingga yg melibatkan akifitas fisik.., dan keluar lah 4 orang sebagai juara yg akan mendapat hadiah nantinya.. :), tidak hanya sampai dsitu.., selain 4 orang tadi.., masih ada 7 orang lain nya yg berhak mendapat hadiah dari kuis yg diberikan seputar penyuluhan yg diberikan...(sekalian sbagai parameter.., sejauh mana materi yg kita sampaikan bisa dipahami mereka..) Berbeda dengan mahasiswa jaman sekarang.., ketika kita bertanya siapa yang bisa.., hampir 3/4, bahkan 4/5 siswa semuanya mengangkat tangan nya pertanda ingin menjawab kuis.. (padahal gk sedikit dari mereka yg gk tau jawaban nya.., bahkan soalnya pun gk ngedenger juga.., he.., maklum lah anak2..^^), aktif bgt lah mereka.., dan nampaknya pencapaian hari ini cukup baik..,dan akhirnya total didapatlah 11 orang beruntung yg berhak membawa pulang hadiah..


* game konsentrasi....
SAYA-KAMU-KITA... !!! (he.., pasti bingung..^^)


* berpelukan.....^^ (di game kapal pecah..)




* berebut anak2 yang mau menjawab kuis dari soal yg diberikan.. ^^


* akhirnya.., 11 orang beruntung yg bisa membawa pulang hadiah.. :)

Acara ditutup dengan meminta anak2 tersebut menggambar, menulis, bikin puisi, atau apapun itu bebas tentang kegitan hari ini..., macem2 hasilnya...(dan kebanyakan gk nyambung..., he..), mulai dari gambar orang, rumah, mobil, pemandangan, sekolahan nya, abstrak (saking abstraknya.., sya bingung.., itu gambar apa bukan.., he..), spiderman (apa coba nih..^^), phytagoras.. (beuh.., al biruni bgt..^^), suasana penyuluhan, gambar indah (bukan gambar yg indah ya.., tapi ada anak yg bikin gambar, ceritanya itu si indah.., he..), ucapan terima kasih, bahkan yg lucu buat saya.., ada yg doain kita jadi guru.. (subhanallah ya.., kuliah 6 taun di kedokteran.., lulusnya jadi guru.., he..he...), ada yg bikin puisi tentang ikan terbang.. (apa hub nya coba.., jadi inget si firman.., he..), ada yg curhat ibunya dosen FE Unpad.. (he.., dasar bocah..), ada yg nulis hymne guru.. (gk tau juga maksudnya apa..^^), ada yg nulis cita2 nya jadi dokter.., dan ada satu tulisan yg cukup lebay buat saya.., tapi lucu karena yg bikin anak2..., gini isinya: ” aku seneng banget soalnya disini aku bisa mendapatkan kesenangan yang banyak...buanget, aku berharap hari ini akan menjadi hari yang terindah, OK ! (ok nya ditulis gede bgt sampe memenuhi space kertas yg disediakan..^^), lucu sekali mereka..

Tak selesai sampai disitu.., setelah penyuluhan selesai.., kami diminta nunggu di suatu ruangan.., yg disana kami cukup dimanjakan dengan makanan yg ada.. :), saatnya MAKAN !! he..he.., ketika dirasa cukup puas menyantap snack yg disediakan.., kami pun bermaksud pamit untuk pulang.., tapi ketika kami hendak pamit.., ibu guru yg kami hub meminta kami menunggu sebentar di tempat tadi.., ada ’sesuatu’ katanya.., akhirnya kami pun bingung.., dan berspekulasi.., jangan2 ada kejutan nih... (he.., ngarep..^^)

Akhirnya.., tak lama kemudian..., kami diperkenalkan dengan sang pemilik sekolah.., ternyata beliau adalah calon rekan sejawat kami.., seorang ibu dokter lulusan FK Unpad angkatan 93.., tidak memilih sebagai klinisi (gk buka praktik..), tapi memilih sebagai akademisi, dan kini sedang mengambil kuliah S3 bimbingan dan konseling.. (Wow.., luar biasa.., kejutan pertama buat saya..), selang beberapa saat, tak lama kemudian sang ibu kepala sekolah menemui kami.., dan mengucapkan terima kasih.. (ibu.., tak perlu berterima kasih.., itu semua karena ketulusan ibu dlm memberikan yg terbaik untuk anak didiknya.., harusnya kami yg berterima kasih..^^, he.. –dah kayak iklan SBY belum??he..he..), kemudian beliau meminta kami membawa setumpuk box konsumsi berisi menu nasi padang lengkap untuk dibawa pulang..., subhanallah ya..^^, (kejutan kedua buat saya..), gak selesai sampai dsana ternyata !! sang ibu kepsek berkata seperti ini ” jangan sampe kapok datang kesini ya.., ini ada alakadarnya, untuk ganti bensin dan teriak2 depan anak2.., jangan diliat dari besar kecil nya ya.." (sambil tersenyum beliau memberikan amplop yg entah isinya apa..^^), kejutan apalagi nih pikir saya.., he..^^

Setibanya di Bale 4 ketika semuanya sudah berkumpul kmbali stelah shalat dzuhur.., ketika kita buka isinya.., ternyata.................................................................................
.......................................................................................................................................
(bersambung..., -biar penasaran.., ha..ha....)

Sambungan nya:……………………….., ternyata isinya uang 50 ribuan sebanyak 10 lembar…., so??? 500 ribu untuk penyuluhan yg hanya seperti itu saja…, wow !! seperti mimpi…!! (berlebihan.., ha..), soalnya baru kali ini penyuluhan malah dikasih duit.., sebanyak itu lagi!! jadinya aneh.., apalagi untuk bayar bensin dan teriak2..., so??? MASUK KAS PKM LAH.. :) , untuk persembahan dari hati yg tak mati lain nya..., he...

Bersenang-senang bareng bocah2..., berbagi ilmu..., meraup pengalaman..., melatih kesabaran, MENYENANGKAN!!!

Al Biruni...??? Yes !!! Al Biruni...??? Yes !!! Al Biruni...??? ALLAHU AKBAR !!!
(jargon atau yel 2 mereka...^^)

2007 ??? SUPPPEERRSSTTAAARRR !!!!
(mana ada yg lebih keren dari ini...?? he..he...)




* insan abdi masyarakat yang Allah beri kesempatan untuk turun ke lapangan..
atas (ki-ka) : friska-anind-rima-indah-iie
bawah (ki-ka) : dani-rian-canun-saif-haikal
komposisi yang sangat seimbang, 5 cowok, 5 cewek, 5 orang 2007, 5 orang 2008.. :)


* sebuah persembahan dari hati yg tak mati..., untungnya gk akan mati2!!! klo gk materi, insya Allah pahala dari Allah..

_segera jawab keterbutuhan umat akan hati yg tak mati ini, GO PKM GO !!!_
(nih akhli.., dah saya upload beritanya..., pasti nyesel gk bisa ikut.., he..., ayo tunjukan bentuk pengabdian yg akan kita lakukan bersama nanti..., he..he..^^)


IKLAN (lagi) :

Posting terbaru di http://seoranganakmanusia.blogspot.com/
Dengan judul : Pengabdian, “ persembahan dari hati yang tak mati....”
Silahkan dikunjungi (lagi).., terutama untuk para insan abdi masyarakat, setiap kita yg ingin selalu memberikan penghambaan terbaik di hadapan-Nya, untuk sebuah esensi dan penanaman makna di setiap kita...

22.6.09

Kaledioskop Pengabdian PKM BEM KEMA dalam cerita.. (bersama saya..,he..) :)

Bermula dari sebuah undangan dari BEM Universitas untuk Dept. Pengabdian Kepada Masyarakat tiap fakultas.., kebetulan untuk kedokteran.., undangan itu jatuh ke tangan saya.. :) , sya baca.., dan agenda nya tentang Bina Desa...

WOW !!! kembali merangkai kenangan yg sempat terurai..., masalahnya (bukan masalah juga sih sebener nya.., he..he.. ), taun lalu..., selama setahun, kebetulan saya yg megang amanah itu di BEM Univ.. :), menjadi seorang ketua Tim Bina Desa Universitas Padjadjaran di Desa Cilayung.. (mohon maaf untuk semua kebodohan.., kekhilafan, kekurangan, kesalahan, kekesalan, kekeliruan, dan ke-.... , lain nya ya..), terutama di masa akhir2..., sungguh kebingungan sangat ketika kita harus membagi porsi waktu yg Allah kasih dengan adil untuk smua amanah yg saya pegang.., mulai dari bina desa, kaderisasi senat mahasiswa FK, PKM FK, blum lagi permasalahan2 angkatan..., ck.ck..ck.., repot ya... (berarti emang gak perlu punya istri banyak.., repot biar adil nya..., satu aja biar fokus.., he..he..), tapi gmana lagi da.., semuanya emang lagi butuh saat itu... (butuh bantuan ya.., blum tentu butuh saya.., he..^^)


* peta desa cilayung.., desa binaan Unpad tahun lalu..

Tapi apapun itu..., semua hal yg dirasa kurang, biarlah menjadi bahan pembelajaran, dan semua kedzaliman2 serta totalitas yg diberikan, menjadi itung2an kelak ketika kita bertemu dengan-Nya.. :)

Sebuah program sebagai bentuk penjabaran visi Dept. PKM BEM KEMA Unpad Kabinet Kebangkitan ini.. (Membangun Langkah Sinergis Dalam Membantu Masyarakat Dengan Kerja Nyata) dan dilatar belakangi Tri Dharma Pergruan Tinggi yang ke 3, yakni Pengabdian Kepada Masyarakat (ke-1 dan ke-2 nya apa hayo..^^) dan kondisi Jatinangor saat ini, maka lahirlah beberapa kegiatan dalam upaya nya menguatkan konsep Community Development yg kami bangun.., itu semua sia-sia tanpa kerjasama yg cantik dari teman2 tiap fakultas yg terintegrasi menjadi satu.. :)

Berikut kurang lebihnya kegiatan yg kami lakukan..

1. Launching Program
Dengan serangkaian kegiatan bagi2 beras dan buku (hasil pengumpulan dari mahasiswa baru Unpad yg memecahkan rekor MURI itu..) ditambah ta’lim dan buka bareng sama warga.., thanxs berat buat Aurora FTIP atas tanggung jawabnya.. :)


* beras untuk dibagikan ke warga..

* makan malam bersama seusai melaksanakan program @ Pujasera.. :)

2. Halal bi Halal
Silaturahim bersama murid2 dan guru2 dari 3 sekolah dasr di Cilayung..., bermain, tertawa, makan dan menonton Denias bersama..., GREAT !! makasih untuk si bocah sakti Fitri Fapsi dlm mengerjakan amanah ini..
(cerita lengkapnya klik disini)


* berfoto bersama murid 3 SD di Cilayung...

3. Penyuluhan Kesehatan Gigi
Sesuai dengan bidang nya.., yg turun disini jelas lah anak2 kedokteran gigi.. (masa anak sastra, atau ilmu politik.., ya jaka sembung bawa gitar atuh.., gk nyambung jreng..^^) , dilakukan penyuluhan ke kelas2.., dan gosok gigi masal.. :) , terima kasih berat juga buat Kasma FKG yg megang amanah ini dan menggerakan pasukan nya.. ^^


* merayakan kegembiraan setelah menggosok gigi bersama.. ^^

4. Penyuluhan Hipertensi
Kedokteran time.., saatnya tensi-tensian warga, dan ngasih penyuluhan juga.., terjadi misscom antara kita - aparat desa - warga.., sehingga warga nyangka nya pengobatan gratis.., akhirnya, saya coba ganti konsep, jemput bola.. !! artinya door to door home visit.., dan ternyata cukup menyenangkan.., trima kasih teh Nita FK, atas bantuan nya dan coba menggerakan anak2 SCOPH juga..


* memeriksa tekanan darah & memberikan penyuluhan...

5. Eksistensi Tanaman Obat
Menanam tanaman obat , meracik obat dari tumbuh2 an itu.., itulah yang diajarkan para pengabdi dari Farmasi ini.., walaupun sedikit ada masalah.., tapi nampaknya masih bisa diatasi.., makasih buat Eka Farmasi (tmn SMA saya.., he..) yg jadi ketua.., dan Yenni Farmasi yg jadi PJ di tim kita..., thanks untuk farmasi and the gank... :)


* farmasi dan tanaman obatnya.. :)

6. Achievement Motivation Training
Membuat anak2 dari 3 SD mempunyai cita2 dan mau mengejar cita2.. ^^, kekuatan mimpi diajarkan disini.. :) , semoga menjadi reporter, DOKTER (knapa harus di CAPSLOCK??he..), pemain sepakbola.., dan apapun itu cita2 kalian bisa kalian wujudkan.., terimaksaih untuk teman2 psikologi.., terutama untuk 2 bocah Fitri & Hasya Fapsi sebagai penanggung jawab.. :)

* mengajarkan kekuatan mimpi pada murid2 SD...


* seperti menonton sepak bola.., pengunjung yg tdk memiliki tiket hanya bisa menonton dari jendela.., he..he...


* beberapa panitia yg bertugas saat itu.. :0

7. Balai Pengobatan, Pasar Murah, Paramedis kecil, dan Home Visit..
Acara paling besar klo boleh saya bilang..., melibatkan lebih dari 200 mahasiswa lintas fakultas.., dana paling besar (sampe bingung ngedanus nya..^^), melibatkan kurang lebih 300 warga..., persiapan paling matang dsb..., kegiatan nya mencakup mengobati orang gratis, cek golongan darah.., jual baju2 layak pakai dengan harga murah.., mengajarkan anak2 di 3 SD pengetahuan2 tentang kesehatan.., dan mengunjungi warga untuk mengetahui kondisi mereka.., terutama kesehatan nya.., dan pencerdasan tentang JAMKESMAS, GOOD JOB untuk anak2 medical complex.., dan temen2 Unpad pada umumnya.., good job juga buat Alvie FK dalam mengemban amanah ini.. :)


* kerjasama yg apik antara mahasiswa kedokteran, keperawatan, dan tim dokter dalam memberikan pelayanan terbaik kepada warga yg berobat...

* pasar murah yg kami gelar di dua tempat berbeda...


* paramedis kecil..., mengajarkan penanganan kesehatan praktis kepada anak2..


* pemeriksaan golongan darah.., gk nyangka peminat nya sebanyak ini..


* pembagian obat yg juga dilakukan secara gratis.., cuma2.. :)


* posko pencerdasan JAMKESMAS...


* merayakan kebahagiaan bersama bocah2 cilayung.. ^^


* spanduk PKM FK.., cukup kontroversi.., he..

Tahap persiapan....

* briefing teknis sebelum pelaksanaan...

* pembekalan materi dan skill untuk mahasiswa yg bergerak di bidang kesehatan yg akan diturunkan...


* mahasiswa kesehatan yg lulus (bertahan) dari pembekalan materi yg cukup melelahkan..


* rapat koordinasi lintas fakultas..., sering kita laksanakan...


* bahkan hujan pun tak menghentikan langkah kita untuk survey lapangan.. :)
(cerita lengkap gambar ini, klik disini )

8. Penyuluhan Kesehatan Ibu dan Anak
Sesuai nama nya.., penyuluhan tentang hal diatas untuk ibu2 warga desa Cilayung.., pasukan dari keperawatan lah yg diturunkan disini.., makasih buat Achie FIK atas kerjasama nya yg sangat baik untuk mengerjakan proyek ini.. :)


* para ibu yg dengan antusias mendengarkan penjelasan dari teman2 keperawatan..

9. Biogas
Menghasilkan energi dari hanya sekadar kotoran sapi.. :) kurang canggih apalagi coba?? ^^, itulah yg diajarkan ke penduduk desa..., walau di Cilayung sempat ada masalah.., tapi di desa Cileles.., instalasi ini berhasil kita rampungkan.., thanks sangat buat rekan saya Ian FPIK atas tanggung jawab nya di program ini...


* ternyata sapi sama manusia memang beda..., he..
( ya iyalah.., jadi selama ini kamu anggap...)



* gak nyangka kan kotoran sapi bisa menghasilkan energi.. :)

10. Pendidikan
Seminggu sekali selama setahun dengan rutin, pengorbanan dan pahit getir (lebay bgt nih.., tapi emang kayak gitu sih..^^) kita coba mengajarkan pelajaran kepada murid2 kelas 5 dan 6 di 3 SD yg ada di desa itu..., penghargaan setinggi-tingginya untuk Mesri Fikom dlm hal ini yg sudah mengatur berjalan nya program ini.., mulai dari mencari mahasiswa yg mau jadi relawan sebagai pengajarnya dsb..., dah cocok kalian jadi guru nampaknya..


* merasakan pengabdian seorang guru...


* rehat.., berfoto sejenak untuk menghilangkan kepenatan belajar.. :)

11. Closing bindes...
Sepatah-dua patah kata dari kedua belah pihak.., persembahan (penampilan) dari tiap SD, pemberian sertifikat kepada fakultas2 terlibat..., panitia terbaik.., hadiah2 buat anak SD..., maen game basah2an bersama..., lomba kreasi mie ibu2.., dan makan mie bareng..., berkunjung ke rumah warga..., dan hal2 menyenangkan lain nya....


* salah satu bentuk penampilan dari salah satu SD..



* kembali ke masa kanak2 dengan bermain air bersama bocah2 Cilayung.. :)

Setahun tak terasa semua nya berjalan..., semoga tidak begitu saja..., walaupun desa nya agak tidak kooperatif..., sudah diserang dari awal..., nikmati saja proses pembelajaran nya.., tercapai atau tidak sasaran nya.., selama kita sudah berusaha memberi dengan optimal dan ikhlas.., dengan niat dan tujuan baik.., itu tentu bernilai di hadapan-Nya.. :)
20 jari (bukan 4 jempol lagi..^^) untuk kalian yg bersama2 berjuang dan berhasil melewati masa-masa sulit dalam memperjuangkan ini..., nikmatilah hasil nya dari kita coba mengintegrasikan semua fakultas ini... :), terimakasih sehangat-hangat nya untuk kalian yg tak bisa saya sebutin satu persatu.. ^^
Pokoknya kalian KEREN buat saya..!! (walaupun sya gk kalah keren nya.., ha..ha...)




* berniat survey tempat dan ketemu kepala Desa, karena kebetulan sedang rpt desa.., eh malah disuruh ngomong dsana bareng pa Kades.., dihadapan para ketua RW.., BPD, LINMAS, dan aparat2 desa yg lain.., pengalaman pertama ngomong di hadapan 'para pejabat' desa.., gpp lah.., itung2 latihan buat ngomong di hadapan para pejabat negara suatu saat nanti..., Aminnn.. :)


* koordinasi dengan para ketua RW.., menjadi hal yg sering kami lakukan...

Pokoknya bindes taun ini HARUS LEBIH BAIK!! Lebih menyenangkan, lebih mendapat sesuatu dengan kita memberi lebih...

Berbicara tentang bindes.., tak bisa dipisahkan dari PKM BEM Univ atas peran yg dilakoni nya selama ini.. :), setahun kita sama2 belajar di kepengurusan..., terimakasih telah memperkenalkan saya dan teman2 pada dunia luar, he.. :), semoga kata keluarga itu tak hanya diucapkan saja.. :)


* awal pertemuan : rapat2 program kerja, yang disudahi rapat kerja di Ciburial..

Dari PKM Bem Univ juga akhirnya saya dan teman2 bisa memberi pengabdian taraf regional Bandung Raya.., diperkenalkan juga dengan teman2 Bandung Raya...dlm pengabdian di beberapa desa di derah Ciwidey feat Posko Jenggala.. (untuk teman2 FK.., berapa ratus pasien coba yg kita tangani pada saat itu..^^, capek memang.., tapi sangat berkesan.. ^^)
(cerita lengkapnya, klik disini)


* bisa beristirahat setelah menangani kurang lebih 500 pasien..


* bersama tim dokter dari Posko Jenggala...

Program lain selain Bina Desa dari PKM BEM Univ yaitu Taman Ilmu.., mengajari anak2 gk mampu tiap minggu nya di Yayasan Bunda Hajar..., baru sekali saya ngajar ngaji waktu Ramadhan disana..., menyenangkan, harus di-LANJUTKAN !!! :)


* ngajar ngaji di taman ilmu.., bikin ketagihan.. :)

Terimaksih telah menguatkan saya akan makna PENGABDIAN...
(apa itu pengabdian?? Tunggu saja penjelasan nya di blog saya yang ini http://seoranganakmanusia.blogspot.com/ )


* perpisahan bukanlah akhir.., melainkan awal dari sebuah perjumpaan baru.., bukan hanya sekadar menjadi kenangan.., tapi jadikan itu yg membakari diri kita untuk terus berkreasi dalam satu ikatan hati... -PKM BEM KEMA UNPAD Kabinet Kebangkitan-

* Bersungguh2 lah dalam mengerjakan pengabdian kepada-Nya sebelum pada yg lain.. :)

_semoga kita dipertemukan lagi di acara pengabdian lain nya ya !! atau paling tidak, tekadkan dalam diri kita bahwa kita sama2 melakukan pengabdian, kepada sang Maha Pencipta, ayo PKM FK, jangan mau kalah !!!^^_


IKLAN (lagi) :
Posting terbaru di http://seoranganakmanusia.blogspot.com/
Dengan judul : Al wajibatu aksaru minal auqoth…
Silahkan dikunjungi (lagi).., terutama untuk setiap kita yang merasa bahwa kewajiban itu lebih banyak daripada waktu yg telah Allah berikan pada kita..

mau add??

Dani Ferdian's Facebook profile

Daftar pengikut

Search This Blog

 

© 2009 Fresh Template. Powered by Blogger.

Fresh Template by NdyTeeN